Kapolri dan KPU Sinergi, Pemilu 2024 Harus Jadi Pesta Rakyat

By Indonesia Maritime News 30 Des 2022, 09:57:32 WIB Politik
Kapolri dan KPU Sinergi,  Pemilu 2024 Harus Jadi Pesta Rakyat

Keterangan Gambar : Kapolri Jenderal Listyo Sigit di KPU. Foto: dok. Polri


Indonesiamaritimenews.com (  IMN),JAKARTA:  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap Pemilu 2024 lebih baik dibanding pemilu sebelumnya. Polri dan KPU saling mendukung untuk kelancaran perhelatan politik tersebut. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menandatangani MoU atau nota kesepahaman di Kantor KPU pada Kamis (29/12/2022). Sinergitas KPU dengan Polri dilakukan untuk mensukseskan pelaksanaan  Pemilu 2024.

Kapolri mengatakan, substansi dalam MoU itu adalah Polri dan KPU saling mendukung untuk kelancaran Pemilu 2024. Polri ingin setiap tahapan Pemilu yang sudah ditentukan KPU bisa berjalan dengan lancar dan kondusif.

Baca Lainnya :

Polri akan mengawal dan membantu pengamanan saat kegiatan pelaksanaan pencoblosan di TPS pada Februari 2024 mendatang. Termasuk penghitungan dan rekapitulasi mulai dari daerah hingga penghitungan pusat.

“Tentu yang jadi harapan kita Pemilu 2024 menjadi pemilu yang lebih baik dibanding pemilu sebelumnya,” kata Kapolri.

Ia mengingatkan semua pihak agar mendukung Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 berjalan sehat.  "Oleh karena itu tentunya tidak ada kata lain yang namanya sosialisasi, edukasi harus terus dilakukan," kata mantan Kaba Reskrim Polri ini.

Ia berharap pemilu ke depan menjadi pemilu yang aman, damai dan betul-betul menjadi pesta rakyat dan pesta demokrasi.  "Yang namanya pesta itu semuanya senang, jadi kalau masalah pilihan menang atau kalah itu risiko di dalam suatu kompetisi, namun suasana keakraban, suasana kegembiraan di dalam pesta demokrasi itu tetap ada," kata dia.

Menurut Kapolri walaupun berbeda pandangan maupun pilihan politik, tapi hal itu tidak membuat masyarakat menjadi pecah.   "Dan ini yang harus dijaga, berapa hal yang tentunya harus diperkuat, disinergikan," tandasnya.  

Semua pihak menurut Kapolri perlu mendorong agar masing-masing calon peserta pemilu nantinya saling adu program, ide-ide visi misi yang tentunya menarik dibanding dengan cara-cara yang mungkin justru membawa pada kemunduran.  (Fat/Oryzs)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment