Kaesang Terjun ke Politik, Gerindra dan PAN Buka Pintu, NasDem Bentangkan Karpet

By Indonesia Maritime News 25 Jan 2023, 21:32:18 WIB Politik
Kaesang Terjun ke Politik, Gerindra dan PAN Buka Pintu, NasDem Bentangkan Karpet

Keterangan Gambar : Kaesang.Foto: Ist


Indonesiamaritime (IMN)JAKARTA: Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, disebut-sebut mulai pasang kuda-kuda untuk terjun ke politik. Ketertarikan Kaesang ke dunia politik bikin heboh para politisi dan sejumlah parpol.

Keseriusan Kaesang ingin terjun ke politik sempat membuat kaget ayahnya, Joko Widodo dan kakaknya, Gibran Rakabuming. Menurut Gibran, adik bungsunya itu kemungkinan ingin maju di pilkada. 

Ketertarikan Kaesang ke dunia politik bikin heboh para politisi. Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengaku senang mengetahui Kaesang ingun terjun ke politik.

Baca Lainnya :

"Kami sangat gembira," kata Prabowo dikutip Rabu (25/1/2023). Menhan RI inj mengaku belum memiliki rencana lebih jauh terkait informasi itu, termasuk kemungkinan untuk mengajak Kaesang menjadi kader Gerindra. Karena ia perlu untuk bertemu terlebih dahulu dengan Kaesang.

Sejumlah tokoh parpol Pun buka suara.

Ketua Harian Gerindra Dasco mempersilakan Kaesang memilih parpol mana tempat untuk berlabuh. Karena  di hak konstitusional setiap orang untuk berkiprah di dunia politik. 

"Oleh karena itu, siapapun itu termasuk Mas Kaesang, itu hak yang bersangkutan sehingga kita tidak dalam posisi mengomentari setuju atau tidak setuju," kata Dasco di kompleks DPR Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Gerindra, kata Dasco, terbuka jika Kaesang hendak bergabung. Menurut dia, Prabowo Subianto sering mendorong kelompok muda agar terjun ke kancah politik.

KARPET BIRU

KryupKetua DPP Partai NasDem, Effendi Choirie juga ikut bersuara. Menurut Gus Choi, sapaan akrab Choiri, NasDem akan memberikan 'karpet biru' untuk Kaesang Pangarep.

"Kalau mau masuk NasDem kita sambut dengan karpet biru. He-he-he. Bukan karena anak presiden, bukan karena anak siapa, bukan," kata Gus Choi. Ditambahkannya, bagi anak muda yang ingin bergabung membawa gerakan perubahan, akan mereka sambut dengan karpet biru. 

"Semakin banyak semakin bagus," kata Gus Choi.

PAN BUKA PINTU

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi juga punya pandangan senada. Langkah Kaesang ke dunia politik adalah hal wajar dan tak perlu dipermasalahkan. Ibarat pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

"Artinya keluarga politisi akan melahirkan anak politisi. Keluarga artis akan melahirkan anak artis. Hal itu sesuatu yang wajar dan lumrah saja," ujar Viva. 

Dia menilai, terjunnya Kaesang ke kancah politik adalah representasi dari kaum milenial generasi Z. "Akan sangat baik lagi jika Mas Kaesang menjadi kader PAN saja," sambung Viva. Alasannya, supaya tidak 'satu rumah' dengan Gibran yang bernaung di PDIP. Begitu pula kakak iparnya, Bobby Nasution juga di bawah payung PDIP.

PPP TERBUKA

Sementara itu Ketua DPP PPP Achmad Baidowi yang biasa disapa Awiek menilai Kaesang sudah dewasa untuk menentukan hak politiknya sebagai warga negara.

Menurut Awiek, PPP terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung, termasuk Kaesang.

Seperti diketahui, keinginan Kaesang terjun ke politik diungkapkan oleh kakak kandungnya, Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo.   Gibran mengatakan Kaesang bicara tertarik masuk politik di hadapan Jokowi.

"Mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya, ke bapak, ada ketertarikan di politik," kata Gibran. (Fat/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook