Jatuh di Laut Saumlaki, Jenazah ABK Dievakuasi Kru Kapal KPLP KN.P.364

By Indonesia Maritime News 07 Sep 2024, 11:53:02 WIB News
Jatuh di Laut Saumlaki, Jenazah ABK Dievakuasi Kru Kapal KPLP KN.P.364

Keterangan Gambar : Seorang ABK jatuh ke laut dievakuasi oleh kru kapal KN P364. Foto: Ditjen Hubla



Indonesiamaritimenews.com (IMN), KEPULAUAN TANIBAR: Seorang ABK (Anak Buah Kapal) jatuh di laut di perairan Pulau Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Korban ditemukan oleh Kapal Patroli KN.P 364 milik Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tual dalam kondisi tak bernyawa.

Insiden ini menimpa Febrio Barus, salah satu kru tambahan kapal MP PRIDE, dilaporkan terjatuh ke laut di titik koordinat 08° 01.76' S - 131° 13.94' E pada Kamis (6/9/2024).

Baca Lainnya :

Respon Cepat Kru Kapal Patroli KN.P. 364 tersebut dilakukan usai Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tual Jusuf Heljanan mendapatkan informasi dari Kantor SROP Saumlaki. 

Menerima informasi penting ini, Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tual segera berkoordinasi dengan Kepala Kantor UPP Kelas II Saumlaki dan Nakhoda Kapal Patroli KN.P 364 yang melaksanakan Patroli Keselamatan Maritim (Patkesmar) di Perairan Kepulauan Tanimbar agar segera berlayar menuju lokasi dan melakukan pencarian.

“Kami segera memerintahkan nakhoda beserta kru Kapal Patroli KN.P 364 untuk melakukan pencarian di sekitar area koordinat dengan tetap berkoordinasi dengan instansi terkait,” ujar Jusuf.

Setelah dilakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian, sekitar pukul 14.32 WIT Kapal KN.P 364 berhasil menemukan korban. Namun korban sudah dalam keadaan meninggal dunia. Jasadnya kemudian dievakuasi ke Kapal KN.P 364 untuk selanjutnya dibawa ke Pelabuhan Saumlaki.  

“Setelah berhasil ditemukan, korban langsung dievakuasi ke atas Kapal KN.P 364 selanjutnya dibawa ke Pelabuhan UPP Saumlaki dan diserahkan kepada pihak berwenang untuk penanganan lebih lanjut,” tandas Jusuf.

Sebagai catatan, Febrio Barus diketahui bukan kru tetap MP PRIDE, melainkan kru tambahan yang diutus oleh perusahaan FUBRO dan INPEX untuk survei bawah laut di area tambang gas Blok Marsela yang dikelola oleh INPEX (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook