Ganjar-Mahfud MD Daftar ke KPU, Megawati Minta Pemilu Demokratis dan Jujur

By Indonesia Maritime News 19 Okt 2023, 19:47:52 WIB Politik
Ganjar-Mahfud MD Daftar ke KPU, Megawati Minta Pemilu Demokratis dan Jujur

Keterangan Gambar : Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendaftar di KPU sebagai peserta Pilpres 2024. Foto: ist



Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Sehari setelah deklarasi,  bacapres/bacawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftar ke KPU RI, Kamis (19/10/2023) siang. Para pimpinan parpol koalisi serta ribuan pendukung ikut mengantar pasangan tersebut. 

Ganjar dan Mahfud MD diusung  PDI-P, PPP, Perindo, dan Partai Hanura. Keduanya tiba di kantor KPU sekitar pukul 12.40 WIB didampingi para ketua umum partai politik pengusung. Rombongan ini diterima oleh Ketua KPU Hasyum Asy'ari dan sejumlah komisioner.

Sama seperti Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ganjar dan Mahfud MD menyerahkan dokumen persyaratan untuk mendaftar sebagai capres.

Baca Lainnya :

Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri memercayakan KPU melakukan seluruh verifikasi terhadap dokumen-dokumen pendaftaran jagoan yang diajukan oleh partainya. Presiden ke-5 RI tersebut mengucapkan terima atas kerja sama yang baik dengan penyelenggara pemilu.

"Pada kesempatan ini kami juga mengapresiasi atas berbagai kemajuan yang telah dilakukan KPU, Bawaslu, dan DKPP sehingga proses pendaftaran ini dapat berjalan dengan baik," kata Megawati.

Ia berharap pemilu dapat dilaksanakan dengan lebih demokratis jujur, adil, langsung, bebas, dan rahasia, serta menempatkan rakyat sebagai pemenang kedaulatan tertinggi dalam menentukan pemimpin nasionalnya secara bebas dan merdeka.

Sedangkan Ganjar menyampaikan harapannya agar KPU bersikap independen. "Mudah-mudahan KPU akan menjadi wasit yang insya Allah pasti paling netral, pasti paling bisa memberikan layanan terbaik dan kita persembahkan untuk kemajuan bangsa dan negara," kata mantan Gubernur Jawa Tengah ini.

Semetara itu KPU akan melakukan verifikasi terkait dokumen persyaratan pendaftaran yang diajukan. Bila ada dokumen yang tidak lengkap, bakal capres-cawapres dan tim diminta menyerahkan dokumen perbaikan pada 26 Oktober hingga 1 November 2023.

DI TUGU PROKLAMASI

Sebelum mendaftar ke KPU, Ganjar dan Mahfud menyampaikan pidato politik di depan ribuan pendukungnya di Taman Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

Yang menarik, Mahfud menceritakan hal yang unik tentang baju putih yang dikenakannya. Kemeja putih yang ia pakai ternyata baju lima tahun lalu yang disiapkan untuk mendaftar sebagai cawapres pada Pemilu 2019.

"Saudara sekalian ingin saya sampaikan, keberangkatan saya pribadi hari ini, saya memakai baju putih yang lima tahun lalu saya siapkan untuk mendaftar ke KPU," ucap Mahmud disambut gelak tawa Ganjar dan sorak riuh ribuan pendukung mereka.

Mahfud menduga, Tuhan memang menahan ia mengenakan baju putih itu sampai Pilpres 2024. "Ini dulu tidak jadi dipakai mesikpun sudah jadi. Tetapi, ada pesan Tuhan di baju ini ditunda dulu untuk dipakai KPU dan hari ini bisa dipakai untuk mendaftar," ucap Mahfud.

Seperti diketahui, Mahfud MD sempat masuk bursa cawapres Joko Widodo (Jokowi) saat Pemilu 2019. Namun Jokowi ternya memilih KH Ma'ruf Amin untuk mendampinginya. Mahfud kemudian diangkat menjadi Menkopolhukam. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook