Dilantik Presiden Jokowi Jadi Kabakamla, Laksda Irvansyah Bertekad Jaga Laut Natuna

By Indonesia Maritime News 13 Sep 2023, 22:55:02 WIB Maritim
Dilantik Presiden Jokowi Jadi Kabakamla, Laksda Irvansyah Bertekad Jaga Laut Natuna

Keterangan Gambar : Presiden Joko Widodo melantik Laksdya Irvansyah sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), serta Sahat Manaor Panggabean sebagai Kepala Badan Karantina Indonesia (Kabarantin). Foto: youtube



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Presiden Joko Widodo melantik Laksdya Irvansyah sebagai Kepala Badan Keamanan Laut  (Bakamla), serta Sahat Manaor Panggabean sebagai Kepala Badan Karantina Indonesia (Kabarantin) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Pelantikan Kabakamla didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) No 118/TPA Tahun 2023. Sementara pelantikan Kabarantin didasarkan pada Keppres No 117/TPA Tahun 2023.

Pengambilan sumpah dipimpin oleh Presiden Jokowi, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara kemudian pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin diikuti oleh hadirin.

Baca Lainnya :

Hadir dalam pelantikan tersebut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menhan Prabowo Subianto, Seskab Pramono Anung, Panglima TNI Yudo Margono, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

JAGA LAUT NATUNA

Sementara itu Laksdya TNI Irvansyah yang baru saja dilantik menjadi Kabakamla berkomitmen untuk selalu menjaga Laut Natuna Utara.

"Laut China Selatan selalu kita jaga, kita juga kerja sama dengan TNI Angkatan Laut di Natuna Utara dan memang tidak ada pilihan lagi, memang kita harus tetap jaga, kita hadirkan unsur-unsur kita di Laut Natuna Utara," kata Irvansyah usai pelantikan.

Ia mengatakan sudah berpengalaman menjaga wilayah laut Indonesia bahkan pernah bersitegang dengan kapal dari Vietnam saat dulu menjadi Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Komando Armada I.

Memang kebetulan juga dulu waktu saya masih bintang 1 juga Danguspurla Koarmada I pada saat dulu serempet-serempet dengan kapal Vietnam," ujarnya.

Irvansyah juga berkomitmen akan lebih fokus mencegah penyelundupan narkoba yang masuk lewat laut. "Kita akan fokus mudah-mudahan mendapatkan hasil yang lebih baik," sambung dia.

Irvansyah juga berjanji akan meneruskan program-program yang dirintis oleh Kabakamla sebelumnya, Laksdya TNI Aan Kurnia. Apalagi, di bawah kepemimpinan sebelumnya, Bakamla tiga kali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) serta berhasil menangkap kapal asing yang menyalahi wilayah kedaulatan RI.

Diungkapkannya, salah satu arahan Presiden Jokowi yakni mengingatkan agar bekerja sama dengan instansi lain. "Memang mengurusi laut mungkin tidak bisa sendirian, harus bersama-sama," pungkas Irvansyah. (Riz/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook