Dilantik Presiden Jokowi di Istana , Laksamana Yudo Margono Resmi Jabat Panglima TNI

By Indonesia Maritime News 19 Des 2022, 13:07:43 WIB Nasional
Dilantik Presiden Jokowi di Istana , Laksamana Yudo Margono Resmi Jabat Panglima TNI

Keterangan Gambar : Presiden melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara. Foto: Sekretariat Presiden



Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA: Presiden Joko Widodo  melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Senin (19/12/2022). Yudo menggantikan Jenderal TNi Andika Perkasa yang memasuki masa purnabakti.

Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, membacakan Surat Keputusan Presiden Nomor 91/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI,  yang menjadi dasar pelantikan.

Baca Lainnya :

Usai pembacaan Surat Keputusan, dilakukan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Joko Widodo. Laksamana Yudo yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) lalu mengucapkan sumpah.

 "Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Yudo mengucapkan sumpah dan janji.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," lanjut Yudo.

Pelantikan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, antara lain Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Ketua DPR RI Puan Maharani, serta undangan lainnya.

Dijadwalkan, serah terima jabatan secara resminakan dilaksanakan di Mabs TNI Cilangjap pada Selasa 20 Desember.

Laksamana Yudo resmi diangkat menjadi Panglima setelah usulan Presiden Jokowi disetujui oleh DPR RI.

Baca berita terkait: Laksamana Yudo Margono Putra Petani Madiun Sukses Menuju Kursi Panglima TNI

Prsetujuan diputuskan setelah Komisi I DPR menggelar fit and proper test terhadap Yudo sebagai calon tunggal.

Seperti pemberitaan Indonesiamaritimenews.com sebelumnya. Baca:  Laksamana Yudo Margono Putra Petani Madiun Sukses Menuju Kursi Panglima TNI ,  Yudo Margono adalah Panglima TNI yang berasal dari matra laut. Yudo merupakan anak petani yang lahir di Madiun, Jawa Timur, pada 26 November 1965. Dia lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) ke-33 pada 1988. Sedangkan istrinya, Veronica Yulis Prihayati adalah polwan berpangkat AKBP yang bertugas di Baharkam Mabes Polri. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook