Aspers Kasal Ikut Berlayar di Kapal Perang Peringati HUT ke-79 RI dan Syukuran PPAL

By Indonesia Maritime News 17 Agu 2024, 23:29:24 WIB Hankam
Aspers Kasal  Ikut Berlayar di Kapal Perang Peringati HUT ke-79 RI dan Syukuran PPAL

Keterangan Gambar : Ketua Umum (Ketum) PPAL Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji menyerahkan nasi tumpeng ke anggota PPAl.Foto: Prooperti of indonesiamaritimenews.com



Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA:  Asisten Personalia Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksamana Muda TNI P. Rahmad Wahyudi, mewakili Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di atas KRI Rajiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992), Sabtu (17/8/2024).

HUT RI di KRI RJW-992 dsilaksanakan bersamaan dengan syukuran HUT ke-38 Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Tahun 2024. Kapal berlayar dari Dermaga Kolinlamil menuju Perairan Teluk Jakarta, Sabtu pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PPAL Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji mengangkat tema “Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan, Kita Tingkatkan Kesejahteraan Anggota PPAL".

Baca Lainnya :

Tema bertujuan sebagai sarana untuk membangun kebersamaan serta bersilaturahmi antara Pengurus PPAL Pusat dengan seluruh anggotanya dan prajurit TNI AL yang masih aktif dengan harapan silaturahmi lintas generasi dapat terbangun sebagaimana misi dari PPAL.

"Tujuan utama dari kegiatan memperingati detik-detik Proklamasi RI yang ke 79, yaitu rasa syukur sebagai bangsa yang telah diwarisi sebuah negara yang merdeka dengan perjuangan pengorbanan jiwa dan raga para pahlawan yang rela mengorbankan jiwanya untuk memperjuangkan kemerdekaan, sebagai Purnawirawan Angkatan Laut ikut melestarikan nilai-nilai jiwa berkorban serta bela negara kepada generasi muda khususnya generasi muda maritim", ujar Ketum PPAL usai memperingati detik- detik Proklamasi RI.

Kasal dalam amanat yang dibacakan Aspers Kasal menyampaikan selama hampir empat dekade, PPAL telah memberikan kontribusi positif bagi kemajuan TNI AL, khususnya dalam berbagi pengalaman, ide dan pemikiran.

'"Sesuai dengan sesanti  “Adhi Dharma Purnawira”, PPAL tidak akan pernah behenti berbakti. Pengabdian PPAL tidak dibatasi oleh usia dan masa dinas", ucap Kasal.

Dalam setiap masa, lanjut Kasal,  memiliki tantangan yang tidak persis sama, namun nilai-nilai dan prinsip-prinsip perjuangan serta pengabdian tidak akan berubah. Terutama jiwa sebagai pejuang dan rela untuk berkorban yang tidak boleh luntur hanya karena telah purna tugas.

"Semoga hubungan silaturahmi keluarga besar PP dengan prajurit Jalasena yang masih aktif semakin erat dan menjadi manfaat yang sebesar-besarnya bagi TNI Angkatan Laut tercinta", pungkas Kasal.

BANTUAN DAN SERAHKAN BUKU

Dalam rangka HUT PPAL ke-38 Tahun 2024 Ketua Umum PPAL Pusat melalui Yayasan Jala Dharma Purnawira (YJDP) memberikan bantuan kepada rayon-rayon di Wilayah I sampai dengan XIV berupa dana untuk kegiatan upacara masing-masing rayon dan juga bantuan sosial kepada 1.286 anggota PPAL dari Sabang sampai Merauke. Dukungan tersebut diberikan kepada rayon-rayon yang aktif dan dan peduli kepada PPAL.

PPAL di masa purna tugasnya sebagaimana Motto “Adhi Dharma Purna Wira” ingin memberikan yang terbaik dengan menyusun sebuah buku dengan judul “Tantangan Pembangunan Mental Generasi Prajurit Jalasena Menuju Kejayaan Angkatan laut”.

Buku ini sebagai upaya menyikapi kemajuan jaman dan trend kehidupan generasi muda, sekaligus adanya skema Perang Proxy yang terjadi di Indonesia yang tentunya kewaspadaan, pencegahan serta penangkalan terhadap adanya perang senyap (Silent War) yang dilancarkan pihak yang mengganggu kepentingan Nasional Indonesia dengan tujuan melemahkan bahkan menghancurkan generasi muda bangsa dengan cara yang sangat halus bahkan tidak dirasakan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PPAL menyerahkan buku tersebut secara simbolis kepada Aspers Kasal mewakili Kasal.

Tampak hadir pada acara tersebut, Para Kasal dari masa ke masa, para Wkasal dari masa ke masa, Pejabat Utama Mabesal, dan Pimpinan Kotama TNI AL, Perwakilan PEPABRI dan LVRI, Perwakilan PPAD, PPAU, PP POLRI, para Pengurus Pusat PPAL Wilayah dan Rayon, para Purnawirawan, Ibu-Ibu Warakawuri, Ketua Umum PIPAL beserta pengurus, dan para Pengurus Jalasenastri. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook