9 Kapal Perang, Armada Udara dan Pasukan Elit Amankan KTT AIS Forum 2023 di Bali

By Indonesia Maritime News 10 Okt 2023, 15:25:14 WIB Hankam
9 Kapal Perang, Armada Udara dan Pasukan Elit Amankan KTT AIS Forum 2023 di Bali

Keterangan Gambar : KRI Sultan Hasanuddin-366. Foto: dok. Puspen TNI


Indonesiamaritimenews.com (IMN), BALI: TNI mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Helikopter (Heli) dan Sea Rider, di sektor Perairan Bali, yang tergabung dalam Satuan Tugas Laut (Satgasla). Kekuatan ini dikerahkan untuk mengamankan rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic Island States (AIS) Forum 2023, Selasa (10/10/2023).

Pengamanan tersebut terbagi ke dalam beberapa sektor mulai dari Selat Bali, Samudera Hindia dan Selat Lombok yang dilaksanakan oleh:
- KRI I Gusti Ngurah Rai-332
- KRI R. E. Martadinata-331
- KRI Sultan Hasanuddin-366
- KRI Abdul Halim Perdanakusuma-365
- KRI Sultan Iskandar Muda-367
- KRI Bontang-907
- KRI Pulau Raas-722 
- KRI Tongkol-813
- KRI Rajiman Wedyodiningrat-992, yang memiliki 12 dokter Spesialis beserta perangkatnya

TNI AL juga mengerahkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) lainnya yakni:
- Heli Bell Medis HU-4306 dan Heli Panther VVIP HS-1311 yang siap melaksanakan evakuasi medis dan konjerat di dermaga umum pelabuhan Benoa serta siap mendukung pelayanan kesehatan.

Baca Lainnya :

Di saat yang sama Pesawat Udara TNI AL CN-235 MPA P-8305 yang terintegrasi dengan perangkat video data link, juga  melaksanakan patroli sektor guna memberikan gambaran secara komprehensif kepada Komandan Satgasla yang onbord di KRI Rajiman Wedyodiningrat.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, juga melaksanakan kunjungan ke Posko Satgasla dan menerima penjelasan tentang kesiapan Satgasla oleh Pangkormada II, Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, selaku Dansatgasla dalam mendukung Pam KTT AIS Forum 2023. Event internasional ini berlangsung dua hari pafa 10 Oktober-11 Oktober 2023.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama I Made Wira Hady mengatakan matra laut mengerahkan unsur Satuan Tugas Laut (Satgasla) serta pasukan elite TNI AL  Komando Pasukan Katak (Kopaska).

“Unsur Satgasla mengerahkan sebanyak 5.336 prajurit, di antaranya staf Satgasla, ABK KRI, crew Helly, Kopaska, penyelam, tim kesehatan, serta unsur lainnya,” kata Kadispenal dalam keterangan tertulis.

Unsur Satgasla TNI AL nantinya akan difungsikan sebagai unsur Search and Rescue (SAR), evakuasi tamu VVIP, evakuasi medis, serta ditugaskan menutup peluang penyusupan ancaman dan gangguan keamanan dari dan lewat laut. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook