Kasal: Kesadaran Kedaulatan Wilayah Laut Terpatri di Sanubari Pendiri Bangsa

By Indonesia Maritime News 17 Jan 2024, 16:55:17 WIB Hankam
 Kasal: Kesadaran Kedaulatan Wilayah Laut Terpatri di Sanubari Pendiri Bangsa

Keterangan Gambar : Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara tabur bunga di Teluk Jakarta. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Memupuk rasa patriotisme dalam mengenang jasa para Pahlawan, TNI AL menggelar upacara dan tabur bunga di Teluk Jakarta. Upacara ini dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali.


Baca Lainnya :

Tabur bunga dilakukan dari atas KRI Banda Aceh-593 yang berlayar di Teluk Jakarta, Senin (15/1/2024). Kegiatan ini merupakan acara Peringatan Hari Dharma Samudera yang menjadi sebuah penghargaan dan penghormatan atas jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan NKRI.


Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa laut merupakan media pemersatu wilayah kepulauan yang didalamnya terkandung sumber kekayaan alam dan tempat penghidupan untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa. Oleh karena itu, kedaulatan wilayah laut harus ditegakkan meski harus dibayar dengan pengorbanan jiwa dan raga.


“Sejak Negara Kesatuan Republik Indonesia diproklamasikan, kesadaran akan kedaulatan wilayah laut sudah terpatri dalam sanubari para pendiri bangsa”, ungkap Kasal. 


Pada masa perang kemerdekaan, keterbatasan alutsista bukan menjadi halangan bagi para prajurit jalasena untuk mempertahankan integritas wilayah laut dari ancaman angkatan laut musuh.


Peristiwa heroik tersebut, mengingatkan pada perjuangan para Pahlawan yang pada saat itu memperjuangkan kepentingan bangsa di atas segalanya. Hal tersebut menandakan betapa besar nilai-nilai luhur kepahlawanan yang merupakan jati diri sejati prajurit matra laut.


Di akhir sambutannya, Kasal menekankan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk dapat mengaktualisasikan nilai nilai patriotisme, kejuangan, kepahlawanan dan kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pahlawan, sebagai landasan utama dalam menjawab setiap tantangan yang semakin kompleks di era digitalisasi sekarang ini. 


Sebagai catatan, upacara ini dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera ke-62 Tahun 2024. Upacara tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya peristiwa heroik yakni Pertempuran Laut Aru  pada 15 Januari 1962 silam. (Riz/Oryza)


Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara tabur bunga di Teluk Jakarta. Foto: Dispenal




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook