TNI AL Gelar 5th NTNST dengan Royal Netherlands Navy, Bahas Strategi dan Kerja Sama

By Indonesia Maritime News 21 Mar 2024, 14:41:56 WIB Hankam
TNI AL Gelar 5th NTNST dengan Royal Netherlands Navy, Bahas Strategi dan Kerja Sama

Keterangan Gambar : Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan (kanan) bersama Commodore F.J.G (Frank) Lenssen dari Royal Netherlands Navy (RNLN). Foto: Dispenal


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Indonesia dalam hal ini TNI Angkatan Laut menjadi tuan rumah dalam event 5th Navy to Navy Staff Talks (NTNST) dengan Royal Netherlands Navy (RNLN) yang digelar di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Dalam pertemuan ini, TNI AL bertindak sebagai oleh Head of Delegation (HoD) yaitu Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan beserta para staf.

Sementara itu pihak RNLN dengan HoD, Director Operations of Royal Netherlands Navy, Commodore F.J.G (Frank) Lenssen didampingi oleh Head International Military Cooperation, RNLN Lt. Col der Mariniers (Jonas) Van Hooren, dan Defence Attache accredited to Indonesia Col. Norbert Moerkens.

Baca Lainnya :

Selain pertemuan tatap muka, kegiatan ini juga dilaksanakan secara virtual melalui video conference bersama perwakilan Puskopaska TNI AL, Koopskasel, dan Akademi TNI AL (AAL).

Asops Kasal dalam sambutannya memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas kehadiran Delegasi Angkatan Laut Belanda yang telah berpartisipasi pada event international yang telah diselenggarakan oleh TNI AL.

Beberapa event yang diselenggarakan yaitu Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4, International Maritime Security Symposium (IMSS) and International Fleet Review (IFR) 2023 di Makassar, serta partisipasi dalam Pacific Amphibious Leaders Symphosium (PALS) di Bali.

Pada kegiatan NTNST dipaparkan strategic overview oleh kedua Angkatan Laut. Selain itu dilaksanakan juga diskusi mengenai peluang kerja sama dalam bidang operasi dan latihan, kursus dan pendidikan, serta pertemuan dan kunjungan antara kedua negara.

Dalam lawatannya ke Indonesia, selain melaksanakan pertemuan bilateral, Commodore F. J. G (Frank) Lenssen beserta delegasi RNLN juga berkesempatan melaksanakan courtesy call kepada Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. Dalam courtesy call tersebut Kasal berharap melalui forum NTNST dapat meningkatnya hubungan kerjasama antara kedua Angkatan Laut.

Melengkapi kegiatan NTNST, delegasi RNLN juga diajak mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan lokasi pariwisata yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hal ini bertujuan mengenalkan sejarah dan budaya Indonesia.

Pelaksanaan NTNST ini merupakan wujud peran TNI AL dalam bidang diplomasi selaras dengan program prioritas Kasal dalam meningkatkan diplomasi TNI AL dalam menjamin stabilitas di kawasan, sekaligus membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook