Diskum AL Siap Wujudkan TNI AL Profesional, Modern dan Tangguh

By Indonesia Maritime News 21 Mar 2024, 14:25:59 WIB Hankam
Diskum AL Siap Wujudkan TNI AL Profesional, Modern dan Tangguh

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Hukum TNI AL (Kadiskumal) Laksamana Madya TNI Leonard Marpaung. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Diskumal) siap memberi dukungan hukum dalam mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.

Hal ini terungkap dalam Rapat Kerja Teknis Hukum (Rakerniskum) TNI AL yang mengangkat tema 'Perwira Hukum Siap Memberikan Dukungan Hukum Untuk Mewujudkan TNI AL Yang Profesional, Modern Dan Tangguh'.

Baca Lainnya :

Rakerniskum dibuka oleh Kepala Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung bertempat di Wisma Elang Laut (WEL), Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Rakerniskum TNI AL Tahun 2024 merupakan forum untuk mengevaluasi program kegiatan yang telah dilaksanakan. Rakernis juga membahas permasalahan yang muncul serta menampung ide-ide maupun gagasan dari para peserta, yang berkaitan dengan upaya peningkatan kinerja dalam penyelenggaraan kegiatan dukungan hukum di lingkungan TNI AL.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 orang peserta terdiri dari 38 Perwira TNI AL dan 2 orang peninjau dari Babinkum TNI serta Spersal.

Kadiskumal dalam sambutannya menekankan, tugas yang dibebankan kepada TNI AL akan semakin berat. Karenanya harus diikuti pula dengan upaya peningkatan kemampuan organisasi, sarana dan prasarana serta kemampuan profesionalitas personel yang mengawakinya, khususnya pelaksana di lapangan.

“Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan perwira hukum yang profesional yang mampu membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan hukum yang ada”, ujar Laksma TNI Leonard.

Ia selaku pembina bidang hukum di lingkungan TNI AL, memiliki kewajiban membina para Perwira Hukum dalam meningkatkan kemampuan baik melalui pendidikan formal maupun non formal secara berkelanjutan. Selain itu juga peka dan mampu dalam menghadapi berbagai dinamika yang terjadi di lapangan, berkaitan dengan permasalahan-permasalahan hukum yang sering terjadi serta menyikapi secara profesional dalam rangka pencapaian tugas-tugas yang diemban.

Para peserta Rakernis juga menerima paparan dari Kasubdis Dargakkum Diskumal, Kadiskum Koarmada I, Kadiskum Koarmada II, dan Kadiskum Koarmada III. Acara juga diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab membahas permasalahan menonjol yang terjadi yaitu mengenai Permasalahan Personel, Permasalahan Keamanan Laut (Kamla) dan Penanganan Imigran Gelap dan Permasalahan Aset.

Pelaksanaan Rakerniskum TNI AL Tahun 2024 ini selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yaitu menempatkan SDM TNI AL sebagai prioritas utama. Dalam hal ini pengembangan kemampuan dan wawasan personel TNI AL khususnya dalam kompetensi Hukum yang merupakan bagian dari pembinaan personel dalam rangka mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.  (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook