Tinjau Gudang Amunisi yang Terbakar, Panglima TNI: Jika Ada Bangunan Rusak Akan Kita Ganti

By Indonesia Maritime News 31 Mar 2024, 17:16:07 WIB Hankam
Tinjau Gudang Amunisi yang Terbakar, Panglima TNI: Jika Ada Bangunan Rusak Akan Kita Ganti

Keterangan Gambar : Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto meninjau lokasi kebakaran gudang amunisi di Gunung Putri, Bogor. Foto: Puspen TNI



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Pasca kebakaran dan ledakan di gudang amunisi milik TNI di Gunung Putri, Bogor, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto meninjau ke lokasi kejadian, Minggu (31/3/2024.

Panglima TNI melihat langsung Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya yang terbakar pada Sabtu malam (30/3/2024) di Ciangsana Kabupaten Bogor.

Di hadapan awak media, Panglima TNI menjelaskan lokasi kebakaran adalah tempat penyimpanan amunisi yang sudah habis masa pakainya (Expired). Munisi tersebut meledak sebelum dimusnahkan (disposal).

Baca Lainnya :

"Secara proses sistematis dan melalui pemeriksaan sebenarnya munisi tersebut akan dimusnahkan di Pameungpeuk, Jawa Barat, namun sebelum proses itu terjadi, sudah terbakar dan meledak,” ujar Panglima TNI.

Ia menambahkan, terkait pemicu ledakan karena munisi yang sudah kadaluarsa/expired cenderung sensitif dan labil. "Munisi jenis ini kena gesekan atau kena panas saja bisa meledak. Kita sudah menggudangkan munisi tersebut di dalam bunker yang berada di bawah tanah dan di sekitaran lokasi bunker sudah kita buatkan tanggul demi keamanan," sambung Jenderal Agus.

Diungkapkan Panglima TNI, aparat teritorial sudah menyusuri wilayah untuk mencari serpihan munisi dan untuk mendata kerugian yang mungkin dialami oleh masyarakat terkait peristiwa ini.

"Saat ini aparat teritorial sudah menyisir pemukiman warga  untuk mengumpulkan serpihan munisi  dan mendata kerugian, jika ada korban dari masyarakat atau bangunan yang rusak akan kita ganti," pungkasnya.

Diberitakan indonesiamaritimenews.com sebelumnya, ledakan hebat mengguncang gudang Peluru Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 07/155 GS Kodam Jaya yang terletak di perbatasan Bekasi-Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024) malam sekitar pukul 18.35 WIB

Warga cluster perumahan di Kota Wisata, Gunung Putri, yang lokasinya persis berbatasan dengan titik ledakan, panik dan berhamburan keluar. Warga sempat diungsikan agar tidak terdampak kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook