Terminal Amplas Direvitalisasi Mirip Bandara Internasional
Wali Kota Medan Berharap Desember 2022 Rampung

By Indonesia Maritime News 26 Sep 2022, 16:18:41 WIB Nasional
Terminal Amplas Direvitalisasi Mirip Bandara Internasional

Keterangan Gambar : Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat mendampingi Menhub meninjau Terminal Tipe A Amplas, Medan. Foto:dok. Kemenhub


Indonesiamaritimenews (IMN) MEDAN : Wali Kota Medan Bobby mengatakan, pemindahan bus-bus ke Terminal Tipe A Amplas menjadi pekerjaan rumah bersama yang harus diselesaikan. Bobby berharap terminal tersebut bisa digunakan tahun ini 2022.

Hal ini dikatakan Bobby saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika meninjau Terminal Tipe A Amplas, Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu (24/9/2022). 

"evitalisasi direncanakan rampung pada November 2022 dan dioperasikan di Desember," ujar Bobby.

Baca Lainnya :

Dijelaskan Bobby, fasilitas yang ada di terminal tersebut sangat lengkap. "Ada tempat pemberhentian, area tunggu, bengkel, dan fasilitas pendukung seperti kuliner, tempat berkumpul, dan sebagainya. Mudah-mudahan akhir tahun 2022 pembangunannya sudah selesai dan bisa dioperasikan,” kata Bobby.

Di Terminal Tipe A Amplas sedang dilakukan revitalisasi 3 tahap mulai tahun 2020. Terminal Tipe A Amplas akan menerapkan konsep mixed use, sehingga terintegrasi dengan pusat kegiatan ekonomi masyarakat seperti mal, hotel, apartemen, serta food court.

 Hingga 18 September 2022, progress pembangunannya telah mencapai 92,602%, dengan fasilitas tersedia antara lain gedung terminal, mess pegawai, tempat istirahat sopir, lahan parkir, serta tenant untuk mendukung UMKM.

Terminal Tipe A Amplas Medan memiliki total lahan seluas 20.162 meter.    

Revitalisasi Terminal Tipe A Amplas menelan dana Rp45 miliar melalui tiga tahap pembangunan sejak 2020 hingga 2022, mengacu Permenhub No.132/2015 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Diungkapkan Bobby, terminal tersebut seperti bandara bertaraf internasional. "Selain itu, dilengkapi fasilitas pendukung seperti tempat UMKM. Mudah-mudahan terminal ini menjadi tempat yang lebih baik," tandas Bobby.

Dia mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang telah membangun Terminal Amplas, sehingga nantinya bisa digunakan secara maksimal dan efektif oleh masyarakat Kota Medan. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment