Naik Bus Gratis, Ribuan Pemudik Dilepas Kapolri di GBK Senayan

By Indonesia Maritime News 29 Apr 2022, 14:11:58 WIB Perhubungan
Naik Bus Gratis, Ribuan Pemudik Dilepas Kapolri di GBK Senayan

Keterangan Gambar : Ribuan pemudik kloter terakhir, dilepas oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan,  hadir juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Foto Ist


Indonesiamaritimenews.com ( IMN)JAKARTA: Ribuan pemudik kloter terakhir, dilepas oleh  Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jumat (29/4/ 2022). Ada sekitar 200 pemudik diberangkatkan dengan tujuan Jawa Tengah, Barat dan Timur.

Sebelumnya, rombongan mudik gratis sudah berangkat pada 26 dan 27 April lalu. Selain Kapolri,  hadir juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan pejabat lainnya. 

Kapolri mengatakan kegiatan mudik gratis ini bertujuan meminimalisir angka kecelakaan. "Jumlah pemudik saat ini 11 ribu lebih. Prediksi arus mudik tahun ini memang dilihat ada peningkatan khususnya dibanding 2020 dan 2021," kata Kapolri.

Listyo mengatakan kondisi pandemi Covid-19 relatif bisa dikendalikan, dengan angka positivity rate 0,58 dan angka harian saat ini 300 sampai 600 per hari. Polri berupaya meminimalisir lonjakan kendaraan pemudik dengan menyelenggarakan program.mudik gratis. 

"Menhub sampaikan ada 83 juta atau 85 juta orang yang akan mudik, di mana 23 juta pemudik pakai kendaraan mobil dan 17 juta sepeda motor," kata Listyo.

Kapolri mengatakan, pihaknya telah meminta masyarakat agar mudik jauh hari. "Terima kasih kepada masyarakat yang mudik lebih dahulu memang sudah ada pergerakan masyarakat dari H-10," ungkapnya.

Menurut Listyo, pemudik yang ikut program mudik gratis ini telah mengurangi beban jalan. Mudik dengan kendaraan pribadi tentu mengakibatkan menambah beban di jalanan.

Peserta mudik gratis Polri ini berasal dari beragam latar belakang, mulai dari ibu rumah tangga, pedagang, ASN, driver Ojol, pelajar hingga mahasiswa. Kepada para pengemudi, Kapolri berpesan agar betul-betul menjaga keselamatan.

"Jangan terlalu mengebut karena rombongan besar jadi pengawalan diatur baik agar kecepatan disesuaikan jadi saat one way dibuka jangan kecepatan ditambah," kata mantan Kapolda Banten ini.

Sedangkan kepada para pemudik, Kapolri berpesan agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama di perjalanan sehingga selamat sampai di tujuan.       ( Arry/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment