Kuatir Nginap di Mandalika, Menhub Perintahkan Pelni Sediakan Hotel Terapung Gratis. Apa syaratnya?

By Indonesia Maritime News 18 Mar 2022, 16:04:33 WIB Perhubungan
Kuatir Nginap di Mandalika, Menhub Perintahkan Pelni Sediakan Hotel Terapung Gratis. Apa syaratnya?

Keterangan Gambar : Kunjungan Menhub Budi Karya Sumadi ke Mandalika. Foto: Kemenhub.


 Indonesiamaritimenew.com (IMN),MANDALIKA:Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan puncak pergerakan penumpang yang akan menuju ke Mandalika untuk menyaksikan perhelatan MotoGP diprediksi terjadi mulai hari ini hingga Minggu (20/3/2022) mendatang dan diperkirakan daerah ini dipenuhi para penggemarnya.

Baca Lainnya :

Diperkirakan sekitar 65 ribu orang lebih akan menuju ke Mandalika untuk menyaksikan perhelatan MotoGP, yang balapannya akan berlangsung pada Minggu (20/3) mendatang. Para penonton sudah mulai hadir sejak hari ini Jumat dan Sabtu besok untuk menyaksikan sesi latihan bebas.

Anda bayangkan manusia akan menyemut. Lalu bagaimana ketersediaan penginapan di sini?Rasa kuatir Anda Nginap di Mandalika akan terobati. Menhub Perintahkan Pelni Sediakan Hotel Terapung Gratis.

Hal itu terungkap Pada Jumat (18/3), saat Menhub melakukan kunjungan kerja ke sana untuk mengecek sarana dan prasarana transpotasi  memastikan konektivitas transportasi dari dan ke Mandalika berjalan lancar.

Menhub mengecek sejumlah fasilitas, diantaranya yaitu di Bandara Internasional Lombok, kawasan Sirkuit Mandalika untuk mengecek sarana transportasi bus shuttle, dan juga meninjau Pelabuhan Gili Mas untuk mengecek fasilitas terminal penumpang dan juga Kapal KM Kelud. Kapal ini menjadi tempat akomodasi terapung bagi para penonton MotoGP yang tidak mendapatkan hotel dengan  ketuan dan  syarat yang sudah ditentukan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Mandalika, Menhub meninjau Pelabuhan Gili Mas, tempat bersandarnya Kapal KM Kelud milik PT Pelni yang ditugaskan oleh Kemenhub untuk menyediakan akomodasi terapung selama penyelenggaraan MotoGP.

“Kami menugaskan PT Pelni untuk menyediakan tempat akomodasi alternatif bagi para penonton balapan MotoGP yang tidak kebagian hotel di Mandalika. Tempat ini disediakan gratis bagi mereka yang memiliki tiket menonton MotoGP,” ujar Menhub.

Kapal ini memiliki total kapasitas 1.500 kamar dan telah siap digunakan penonton MotoGP Mandalika 2022 mulai tanggal 17-21 Maret 2022. Berdasarkan informasi dari PT Pelni, hingga siang ini para penonton yang sudah melakukan pemesanan sebanyak 353 orang.

Adapun sejumlah persyaratan untuk dapat menikmati Hotel Terapung di KM Kelud ini, antara lain : memiliki tiket menonton Moto GP 2022, memiliki sertifikat vaksin dosis dua, memiliki aplikasi PeduliLindungi, membawa alat perlengkapan mandi dan handuk pribadi, melakukan proses reservasi (tidak menerima tamu walk-in).

Dalam layanan Hotel Terapung di KM Kelud ini tidak disediakan sarapan, namun tersedia kantin di atas kapal. Tersedia pula pelayanan Bus Shuttle dari dan ke Pelabuhan Gili Mas – Mandalika pukul 06.00-12.00 WITA. Mandalika - Gili Mas pukul 12.00-06.00 WITA, periode waktunya sejak 17-21 Maret 2022.

Di sana, Menhub juga melakukan rapat koordinasi bersama Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto dan meninjau Command Center yang berada di area Sirkuit Mandalika.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, dan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Mugen Suprihatin Sartoto.

“Pesan dari Presiden Jokowi, persiapan pelaksanaan MotoGP ini harus betul-betul disiapkan dengan serius. Kami memastikan pergerakan dari dan menuju ke Lombok dan Mandalika maupun pergerakan lalu lintas di sekitar kawasan Sirkuit berjalan dengan lancar. Masa kritikal adalah hari ini hingga Minggu besok,” ungkap Menhub.

Menhub mengatakan, diperkirakan ada sekitar 100 flight (penerbangan) di masa puncak lonjakan penumpang. “Kita memberikan pergerakan khusus terutama di tiga hari ke depan. Selain Bandara di Lombok, Bandara Soetta, Juanda dan Ngurah Rai, dan Makassar juga disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” jelasnya.

Sementara di sektor laut, Menhub mengatakan telah disiagakan kapal-kapal untuk menampung penumpang yang menggunakan transportasi laut dari dan ke Mandalika. Begitupun di sektor darat, Menhub memastikan bus-bus yang sudah disediakan dapat melayani dengan baik pergerakan dari dan menuju lokasi Sirkuit Mandalika, serta manajemen rekayasa lalu lintas yang dilakukan bersama Kepolisian berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan kemacetan di sektiar area Sirkuit.

Sejumlah persiapan telah dilakukan di sektor transportasi diantaranya terkait penyiapan slot penerbangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, memastikan kelancaran proses kedatangan penumpang maupun barang baik dari luar negeri maupun dalam negeri melalui bandara, memastikan kelancaran konektivitas transportasi dari dan ke Mandalika serta di sekitar Mandalika melalui penyediaan bus shuttle dan manajemen rekayasa lalu lintas, memberikan dukungan penyediaan tempat akomodasi melaui penyediaan kapal, dan juga penerapan protokol kesehatan secara ketat di simpul-simpul transportasi.

Melalui perhelatan MotoGP di Mandalika, diharapkan dampak yang signifikan bagi pemulihan pariwisata nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah maupun nasional.(Kemenhub/Arry/Oriz).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook