KRI Fatahillah-361 Distribusikan Logistik Pemilu ke Pulau Terpencil di Tanibar Maluku

By Indonesia Maritime News 11 Feb 2024, 13:55:56 WIB Hankam
KRI Fatahillah-361 Distribusikan Logistik Pemilu ke Pulau Terpencil di Tanibar Maluku

Keterangan Gambar : Pelepasan KRI Fatahillah-361 yang membawa logistik Pemilu 2024 ke pulau-pulau terpencil di Kab. Tanibar, Maluku. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), MALUKU: KRI Fatahillah-361 dikerahkan untuk mengangkut logistik Pemilu 2024 ke lokasi terpencil di Kabupaten Kepulauan Tanibar, Maluku. KRI Fatahillah-361 dilepas oleh Komandan Pangkalan TNI AL Saumlaki (Danlanal) Saumlaki, Letkol Laut (P) I Made Ardyan Budi H pada Minggu (11/2/2024).

Upacara pelepasan dilakukan di Dermaga Lanal Saumlaki Jln. Slamet Riyadi, Desa. Olilit, Kec. Tanimbar Selatan, Kab. Kepulauan Tanimbar, Maluku. Kapal tersebut akan mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke pulau-pulau wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Baca Lainnya :

Pada perhelatan nasional ini, TNI AL siap dilibatkan dalam distribusi logistik Pemilu. Untuk wilayah Indonesia Timur, Koarmada III telah mendukung beberapa unsur kapal perang dalam membantu mendistribusikan logistik Pemilu ke pulau-pulau terdepan dan terpencil di wilayah Papua dan Maluku.

Kaapal yabg dikerahkan yakni KRI Teluk Wondama-527 dan KRI Fatahillah-361 yang akan membawa logistik Pemilu ke wilayah Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Hal ini sesuai dengan arahan yang telah disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bahwa Alutsista TNI AL siap mendukung pengiriman logistik Pemilu ke pulau-pulau terdepan dan terpencil yang sulit dilakukan pesawat udara atau lewat darat.

Danlanal Saumlaki menyampaikan pihaknya terus berkomitmen untuk bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Hal ini sesuai perintah Kasal kepada seluruh prajurit Jalasena di manapun berada agar kegiatan Pemilu dapat berlangsung aman, jujur dan adil.

Proses pendistribusian ini diikuti oleh Staf KPU Kep. Tanimbar dan anggota PAM. Tujuannya agar logistik Pemilu 2024 tetap terjaga melalui sinergitas dan tersebarnya logistik di seluruh wilayah Kab. Kepulauan Tanimbar. Hal ini agar masyarakat bisa memberikan hak suaranya dan mensukseskan jalannya Pemilu yang adil, aman dan damai.

TANTANGAN CUACA

Petugas berjibaku berkejaran dengan waktu. Selain mendekati deadline dan sulitnya akses transportasi di wilayah Tanimbar, diprediksi cuaca di laut akan kembali memburuk di perairan Kepulauan Tanimbar.

Saat ini sedang masa angin barat (angin yang berhembus kencang dari arah barat) yang mengakibatkan gelombang tinggi dan cuaca buruk, sehingga cuaca tidak bisa diprediksi.

Di samping tugas melaksanakan pendistribusian dan pengamanan jalannya Pemilu 2024 di wilayah Kab. Kepulauan Tanimbar, TNI AL dalam hal ini Lanal Saumlaki juga siap untuk membantu segala kesulitan dan permasalahan di wilayah tersebut. (Riz/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook