Kapal Sabuk Nusantara 91 Kandas, Begini Nasib 434 Penumpang

By Indonesia Maritime News 06 Mei 2022, 18:35:35 WIB Maritim
Kapal Sabuk Nusantara 91 Kandas, Begini Nasib 434 Penumpang

Keterangan Gambar : Proses evakuasi penumpang KM Sabuk Nusantara 91. Foto: ist


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),SUMENEP: Musim mudik Lebaran 2022 diwarnai insiden kecelakaan kapal di Pulau Setabok Kepulauan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Kapal yang mengangkut 434 penumpang dan 13 sepeda motor tersebut kandas setelah menabrak karang. 

Kecelakaan laut ini terjadi Kamis (5/5/2022) sekitar pukul 12.15 WIB. Kapal Sabuk Nusantara 91 dengan tujuan Pelabuhan Sapeken - Kangean - Kalianget itu

kandas menabrak karang. Beruntung tidak ada korban jiwa. 

Baca Lainnya :

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ungkap Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya kepada wartawan. 

Kecelakaan berawal ketika KM Sabuk Nusantara yang dinakhodai Kapten Kuseno dengan 22 ABK (Anak Buah Kapal) berangkat dari Pelabuhan Sapeken menuju Pulau Kangean menempuh perjalanan sekitar 30 menit, dan akan berlabuh di Pelabuhan Kalianget. 

Tiba-tiba terdengar suara dentuman keras akibat menabrak karang Teluk Sapatako.  Nakhoda berusaha memundurkan kapal agar terlepas dari karang namun gagal. Kapal pun akhirnya kandas. Beruntung semua penumpangnya selamat.

Kapal Sabuk Nusantara 91 adalah satu dari empat kapal yang dioperasikan Pemkab Sumenep guna melayani mudik gratis ke kepulauan di Sumenep pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Tiga kapal lainnya masing-masing Kapal Dharma Kartika, Kapal Satya Kencana, dan Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) III.

EVAKUASI PENUMPANG

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Sapeken, menurunkan tim Quick Response Team (QRT) untuk mengevakuasi penumpang.

Kepala UPP Kelas III Sapeken, Edi Kuswanto kepada wartawan mengungkapkan Edi mengungkapkan kapal tersebut membawa 434 orang penumpang dari total kapasitas 530 orang. “Kapal diduga menyerempet karang dan tersangkut di perairan Pulau Sapeken – Kangean sekira pukul 12.30 WIB dalam perjalanannya dari Pelabuhan Sapeken menuju Kalianget, Sumenep, Madura," jelas Edi, Jumat (6/5/2022).

Edi mengungkapkan, pada saat kejadian, kapal keluar alur sekitar 5 NM dan mengalami kecelakaan pada pukul 13.00 WIB dengan posisi kapal koordinat Lintang /Bujur 06 56.3926'S - 115 41.2655'E. Saat itu, kondisi arus kuat sehingga haluan kapal terlempar ke kiri. Nakhoda lalu berkoordinasi dengan Instansi Syahbandar, Dinas Perhubungan dan Keagenan terkait guna mengevakuasi penumpang.

Seluruh penumpang dievakuasi oleh kapal patroli KNP 5257 milik UPP Sapeken dibantu oleh beberapa kapal nelayan setempat. Evakuasi berjalan lancar dan seluruh penumpang selamat. Edi mengungkapkan, UPP Sapeken mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada masyarakat yang telah bekerja keras dalam membantu proses evakuasi penumpang.( Riz/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment