Jadi Segitiga Emas Wisata Bali, Pengelolaan Pelabuhan Sanur Akan Diserahkan ke Swasta

By Indonesia Maritime News 08 Okt 2022, 23:26:46 WIB Perhubungan
Jadi Segitiga Emas Wisata Bali, Pengelolaan   Pelabuhan Sanur Akan Diserahkan ke Swasta

Indonesiamaritimenews.com(  (IMN)BALI : Pengelolaan Pelabuhan Sanur, Bali, akan diserahkan kepada swasta supaya bisa memberi pelayanan terbaik kepada wisatawan serta ada nilai komersial. Pelabuhan Sanur, bersama Pelabuhan Nusa Penida, dan Pelabuhan Nusa Ceningan merupakan segitiga emas wisata di Bali.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan pengelolaan  diserahkan ke swasta maka bisa menjadi lebih profesional. Kehadiran Pelabuhan Sanur yang tengah dibangun pemerintah, bisa menjadi magnet wisata baru di Bali. 

“Kami akan menunjuk swasta untuk mengelola pelabuhan ini sehingga memiliki nilai komersial. Kita akan hadirkan fasilitas yang baik seperti: kuliner cita rasa Bali yang enak-enak, sehingga uang bisa datang ke sini,” kata Menhub saat meninjau progress pembangunan Pelabuhan Sanur di Bali, Jumat (7/10/2022).

Baca Lainnya :

Menhub mengatakan, di Bali tidak hanya dibangun Pelabuhan Sanur, tetapi juga pelabuhan lainnya di dua lokasi yaitu di Nusa Penida dan Nusa Ceningan. “Kita bangun segitiga emas Sanur, Nusa Penida dan Nusa Ceningan yang pulaunya indah sekali. Dulu tidak ada dermaganya, sekarang kita bangun dengan kualitas yang baik dan memenuhi aspek keselamatan. Semoga semakin banyak turis,” sambung Budi Karya.

Dengan semakin lengkapnya infrastruktur konektivitas di Bali diharapkan mampu mendorong kemajuan sektor pariwisata di Bali. Menurut Budi Karya, turis-turis yang hobi snorekling bisa lebih mudah menjangkau spot-spot menarik dan bisa berwisata lebih lama di Bali. 

ARSITEK BALI

Pelabuhan Sanur dirancang oleh arsitek asal Bali (Popo Danes) dengan nuansa kearifan lokal. Bangunan terminal didesain menyerupai kapal Cadik atau kapal tradisional. Secara keseluruhan progres pembangunan Pelabuhan Sanur sudah mencapai 94,13%.

Kemenhub telah memulai pembangunan Pelabuhan Sanur sejak Desember 2020. Pembangunan meliputi pekerjaan jasa konsultansi dan pekerjaan konstruksi (fisik). Pembangunan dilakukan dalam periode tahun anggaran jamak (multiyears) 2020-2022 yang bersumber dari APBN dengan total anggaran Rp 398 miliar.

Pada 22 September 2022 lalu, telah dilakukan uji coba sandar sejumlah kapal di dermaga apung Pelabuhan Laut Sanur, yang membawa sekitar 45 orang wisatawan tujuan ke Pulau Nusa Penida. Ujicoba tersebut berlangsung dengan lancar dan sukses. Selain untuk wisata, pelabuhan ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat Bali untuk melakukan ibadah di Pulau Nusa Penida. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook