IPC TPK Area Panjang Sambut Maiden Voyage BG MMSS 2502 Rute Jakarta-Panjang-Oki

By Indonesia Maritime News 02 Agu 2024, 15:20:34 WIB Logistik
IPC TPK  Area Panjang Sambut Maiden Voyage BG MMSS 2502 Rute Jakarta-Panjang-Oki

Keterangan Gambar : IPC Terminal Petikemas/IPC TPK Area Panjang menyambut pelayaran perdana Maiden Voyage BG MMSS 2502 sebagai kapal feeder dengan layanan baru rute Jakarta–Panjang–Oki.




Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: IPC Terminal Petikemas/IPC TPK Area Panjang menyambut pelayaran perdana Maiden Voyage BG MMSS 2502 sebagai kapal feeder dengan layanan baru rute Jakarta–Panjang–Oki.

Layanan feeder ini mendistribusikan kontainer dari pelabuhan besar ke pelabuhan yang lebih kecil, serta mengumpulkan kontainer dari pelabuhan-pelabuhan kecil untuk dibawa ke pelabuhan besar.

Baca Lainnya :

Layanan yang dibuka oleh pelayaran PT Pulau Laut Lines dengan agen PT Global Mahardika Logistik, menjadi pendukung dalam menggerakkan perekonomian Provinsi Lampung melalui pertumbuhan jumlah perdagangan jalur laut.

Manajer IPC TPK Area Panjang, Anang Subagyono mengatakan, layanan ini membuka peluang bagi pasar ekspor Lampung.

“Dari sisi terminal, kami memastikan kesiapan alat, perencanaan kegiatan hingga monitoring pelayanan bongkar muat agar dapat melayani dengan efisien," kata Anang.

"Dibukanya layanan ini menambah peluang baru bagi pelaku usaha khususnya untuk memperluas pemasaran produk, menangkap pasar ekspor Provinsi Lampung. Hal ini tentu menjadi solusi pelaku bisnis dalam menentukan transportasi yang lebih efisien," sambung Anang.

Kapal Tongkang BG. MMSS 2502 dengan Tug Boat SPGM 1289 mengangkut petikemas dari Jakarta. Kapal yang sandar pada 30 Juli 2024, rencananya menjadi tambahan dari layanan feeder PT Pulau Laut Lines dengan jadwal regular dua pekan sekali.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung, nilai ekspor Provinsi Lampung periode Mei 2024 mencapai US$323,25 juta, sedangkan nilai impornya mencapai US$149,74 juta. Angka ini menggambarkan bahwa neraca perdagangan luar negeri Provinsi Lampung pada Mei 2024 mengalami surplus sebesar US$173,51 juta.

Hadirnya layanan ini diharapkan berperan menumbuhkan ekspor di Provinsi Lampung. Seremoni Maiden Voyage dilaksanakan di IPC TPK Area Panjang yang dihadiri oleh Anang Subagyono Manager Area IPC TPK Panjang.

Acara ini dihadiri pula oleh Imam Firmansyah (Marketing PT Global Mahardika Logistik), Huda (Customer Service PT Global Mahardika Logistik), Nur Anwar (Operational Manager PT Global Mahardika Logistik), Angga (Manager PT Sumber Gading Makmur) serta Manajemen IPC TPK Area Panjang.

Imam Firmansyah menyebutkan, layanan tersebut membuka peluang bagi pelaku UMKM Lampung khususnya di Panjang.

"Layanan baru kami ini diharapkan membuka peluang bagi pelaku bisnis/UMKM di Panjang dalam memasarkan barang hasil produksinya ke berbagai kota dan negara tujuan," kata Marketing PT Global Mahardika Logistik tersebut.

Apresiasi atas kesiapan IPC TPK Panjang yang membantu dalam memberikan layanan bongkar muat yang efisien sehingga kapal dilayanan dengan cepat dan bisa segera bertolak ke pelabuhan tujuan." ujar Imam Firmansyah agen pelayaran Global Mahardika Logistik. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook