Industri Penerbangan Mulai Bangkit, Menhub Apresiasi Kinerja Maskapai Nasional

By Indonesia Maritime News 13 Jan 2023, 06:58:17 WIB Perhubungan
Industri Penerbangan Mulai Bangkit, Menhub Apresiasi Kinerja Maskapai Nasional

Keterangan Gambar : Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja maskapai penerbangan nasional.Foto:property of Indonesiamarìtenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja maskapai penerbangan nasional. Kondisi industri penerbangan kini mulai bangkit setelah terdampak pandemi Covid-19.

Beberapa waktu lalu, Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai penerbangan global paling tepat waktu sepanjang tahun 2022 (The Most Punctual Global Airline). Apresiasi ini diberikan oleh Official Airline Guide (OAG) Flightview, sebuah lembaga riset internasional yang melakukan pemeringkatan ketepatan waktu atau on time performance (OTP) maskapai penerbangan global.

Garuda Indonesia berhasil meraih peringkat pertama tingkat OTP sebesar 95,63% Angka ini mengalahkan sejumlah maskapai lainnya, di antaranya: maskapai asal Afrika Selatan SafAir yang berada di peringkat kedua (95,30%), maskapai asal Jerman Eurowings di peringkat ketiga (95,26%), maskapai asal Thailand Thai AirAsia di peringkat keempat (92,33%), dan maskapai asal Korsel Jeju Airlines di peringkat kelima (91,84%). 

Baca Lainnya :

Prestasi ini  kedua kalinya diraih maskapai Garuda Indonesia dengan peringkat OTP terbaik, setelah sebelumnya diraih pada tahun 2019.

“Semoga prestasi ini semakin memacu kinerja penerbangan nasional, menjadi momentum pemulihan, dan akan semakin memajukan industri penerbangan nasional,” ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Kamis (12/1/2023).

PERAN PENGGUNA JASA

Menhub Budi Karya berharap pencapaian ini akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan layanan dari maskapai nasional. “Saya berharap kinerja ketepatan waktu yang baik ini dapat terus konsisten dilakukan dan dapat diikuti juga oleh maskapai nasional lainnya,” ucap Menhub.

8Selain konsistensi pelayanan dari operator penerbangan yang harus dijaga, peran serta dari masyarakat pengguna jasa penerbangan juga menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang ketepatan jadwal penerbangan.

 “Manajemen waktu kedatangan di bandara harus diperhatikan, agar tidak terlalu mepet datang ke bandara. Sehingga proses pre-flight seperti check-in dan boarding tidak mengganggu ketepatan waktu keberangkatan pesawat,” tandas Menhub Budi Karya.(Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook