Ganja dan BBM Gagal Diselundupkan ke Papua Nugini Keburu Diciduk TNI AL

By Indonesia Maritime News 30 Mar 2024, 14:40:58 WIB Sekitar Kita
Ganja dan BBM Gagal Diselundupkan ke Papua Nugini Keburu Diciduk TNI AL

Keterangan Gambar : Tim X Quick Response (XQR) Satrol Lantamal X Jayapura bersama Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Skouw Sae menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis ganja dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), PAPUA: Ganja dan BBM gagal diselundupkan ke negara sebelah  Papua Nugini keburu  tercium dan diciduk TNI AL

Tm X Quick Response XQR) Satrol Lantamal X Jayapura bersama Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Skouw Sae menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis ganja dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Barang-barang tersebut dibawa dari Jayapura menuju Papua Nugini (PNG).

Baca Lainnya :

Upaya penyelundupan digagalkan TNI AL di Perairan Teluk Youtefa Jayapura Papua, Rabu (27/3/2024). Kejadian berawal saat prajurit TNI AL melaksanakan patroli wilayah perbatasan RI-PNG dan melakukan observasi di sekitar muara perairan Skow Sae. Mereka melihat sebuah perahu motor membawa empat orang bergerak dari Skouw Yambe.

Tim mendekati dan melakukan pemeriksaan. Hasilnya, ditemukan narkotika jenis ganja 2,8 gram, BBM ilegal sebanyak 135 liter. Petugas mengamankan 4 orang, 3 di antaranya memiliki kartu pelintas batas. BBM jenis Pertalite yang diangkut dari Skouw Yambe, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, ini rencananya akan dibawa menuju ke PNG.

Komandan Lantamal X Jayapura, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Ludi Prastyono, didampingi Dansatrol Lantamal X Letkol Laut (P) Dedy Obet mengatakan, berkat respon cepat dan tingkat kesiapsiagaan Tim XQR dan Posal Skouw Sae berhasil menangkap Speed pelintas batas tersebut.

Danlantamal X Jayapura menjelaskan hasil koordinasi dengan Imigrasi Kelas I TPI Jayapura terhadap 4 orang WNA PNG pelintas batas, dan barang bukti Ganja agar Satrol Lantamal X melaksanakan koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua.

Sementara itu, untuk muatan BBM ilegal sebanyak 135 liter, Satrol Lantamal X berkoordinasi dengan Bea Cukai Jayapura guna penyidikan lanjutan dan terhadap kartu pelintas batas yang diduga dipalsukan.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan dalam merespon upaya tindakan pelanggaran hukum di wilayah perbatasan, dalam hal ini upaya penyelundupan narkotika dan BBM ke negara tetangga. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook