Alhamdulillah...ke Teluk Palu , Calhaj Tolitoli Naik Kapal Perintis Difasilitasi Kemenhub

By Indonesia Maritime News 14 Jun 2023, 12:49:36 WIB Perhubungan
Alhamdulillah...ke Teluk Palu ,  Calhaj Tolitoli Naik Kapal Perintis  Difasilitasi Kemenhub

Keterangan Gambar : Sebanyak 339 orang jemaah calhaj diangkut menggunakan kapal perintis yaitu KM Sabuk Nusantara 89 menuju ke Pelabuhan Teluk Palu. Foto: Kemenhub


Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui  KSOP Kelas II Teluk Palu,  memfasilitasi keberangkatan calon jemaah haji (calhaj) asal Tolitoli, Sulawesi Tengah. Sebanyak 339 orang jemaah calhaj diangkut menggunakan kapal perintis yaitu KM Sabuk Nusantara 89 menuju ke Pelabuhan Teluk Palu selanjutnya terbang ke embarkasi Balik Papan menuju Jeddah.

Direktur Lalu
Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting mengungkapkan kegiatan ini merupakan tindaklanjut permintaan dari Bupati Tolitoli, Amran H. Yahya. Bupati meminta dukungan kapal perintis untuk memfasilitasi keberangkatan calhaj asal Kabupaten Tolitoli menuju Pelabuhan Teluk Palu.

UPT Ditjen Hubla dalam hal ini KSOP Kelas IV Tolitoli  ikut andil dalam persiapan. Mulai dari perencanaan keberangkatan, survei lapangan, berkoordinasi dengan KSOP Kelas II Teluk palu,sampai pada hari H pengawasan keberangkatan Jemaah Haji.

Baca Lainnya :

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terkait kegiatan tersebut telah memfasilitasi sebanyak 339 orang jemaah calon haji dan 10 orang pendamping dari pemerintah daerah dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli yang berangkat menuju ke Pelabuhan Teluk Palu dengan menggunakan kapal perintis," kata Hendri dalam keterangan tertulis Rabu (14/6/2023).

Lebih lanjut, Hendri mengungkapkan salah satu alasan penggunaan transportasi laut untuk mengangkut calhaj adalah agar jarak tempuh tidak terlalu lama dibanding jalur darat. Pertimbangannya sebagian besar jemaah telah lanjut usia.

"Kapal perintis yang mengangkut calon jemaah haji tersebut telah berangkat dari Pelabuhan Tolitoli tanggal 11 Juni 2023 dan tiba di Pelabuhan Teluk Palu pada tanggal 12 Juni 2023," tandas Hendri.

Sebagai informasi, KM Sabuk Nusantara 89 telah dilengkapi fasilitas dan standar keamanan pelayaran serta beragam fasilitas lainnya seperti ruangan Full AC, Cafe, Tempat Tidur dan Tamu terdiri dari berbagai kelas 1, 2 hingga ekonomi. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook