65.603 Kuota Mudik Gratis Disiapkan Kementerian BUMN, Mau Ikut Ini Syaratnya

By Indonesia Maritime News 23 Mar 2023, 10:05:24 WIB Perhubungan
65.603 Kuota Mudik Gratis Disiapkan Kementerian BUMN, Mau Ikut Ini Syaratnya

Keterangan Gambar : Dermaga Pelabuhan Merak siap layani pemudik. Foto: property of indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN) JAKARTA: Program mudik gratis yang digelar Kementerian Perhubungan sudah memenuhi kuota. Warga yang ingin gratis mudik Lebaran 2023 bisa mengikuti program yang digelar oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Kementerian BUMN  yang telah menyiapkan 65.603 kuota mudik gratis dengan rincian: 46.523 penumpang 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang kapal laut.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, program Mudik Bersama Lebaran 2023 merupakan langkah strategis untuk memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik.

Baca Lainnya :

Program mudik bersama ini digelar oleh 76 perusahaan BUMN dipimpin  PT Jasa Raharja. Program ini diharapkan bisa mengalihkan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua,  ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman.

"Itu bagian dari BUMN untuk hadir dalam membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa," ujar Erick Thohir dalam keterangannya dikutip Kamis (23/3/2023).

Sementara itu Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan program mudik bersama ini merupakan implementasi bakti BUMN yang dilaksanakan sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN.

Melalui program itu, BUMN hadir untuk peduli kepada masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik ke kampung halamannya. "Flag off pemberangkatan mudik Bersama BUMN tahun ini akan dilaksanakan di Jakarta pada 18 April dari Ring Road Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta," ungkap Tedi.

SYARAT PENDAFTARAN

Pendaftaran mudik bersama BUMN 2023 ini akan dilaksanakan secara daring mulai 15 Maret 2023. Adapun syarat pendaftaran sebagai berikut:

1.     Memiliki sepeda motor dan SIM C

2.     Satu orang pendaftar maksimal 4 orang dewasa (diatas empat tahun) dan 2 bayi infant (dibawah 4 tahun) harus dipangku.

3.     Pendaftar dan calon peserta harus mempunyai hubungan keluarga dengan dibuktikan oleh Kartu Keluarga/KK atau Surat Nikah atau Akta Lahir.

4.     Pendaftaran tidak boleh diwakilkan.

5.     Satu orang pendaftar hanya boleh daftar satu kali.

6.     Apabila saat verifikasi dokumen dinyatakan tidak memenuhi syarat, maka pendaftaran digugurkan dan diisi slot oleh pendaftar lain yang memenuhi syarat. 

Mudik gratis akan diberangkatkan dari berbagai titik di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Palembang ke berbagai kota tujuan. Masyarakat yang ingin mengikuti program ini bisa mengecek ke laman mudik.jasaraharja.co.id. (Bow/Oryxa)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook