2 Helikopter Basarnas Siaga di Arena MotoGP, Ini Dia Tugasnya

By Indonesia Maritime News 19 Mar 2022, 19:10:23 WIB Olahraga
2 Helikopter Basarnas Siaga di Arena MotoGP, Ini Dia Tugasnya

Keterangan Gambar : Foto: dok. Basarnas



Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA: Dua unit helikopter Badan SAR Nasional (Basarnas) siaga di ajang MotoGP Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Helikopter tersebut disiagakan untuk menerbangkan peserta ke rumah sakit bila terjadi kecelakaan.

Dua helikopter tersebut, yakni HR-3606 dan HR-3604 telah disiagan di helipad Medical Center Cirkuit Mandalika sejak Kamis (17/3/2022). 

Baca Lainnya :

Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit, dalam siaran pers mengatakan 2 unit helikopter itu disiagakan untuk keperluan evakuasi udara. "Helikopter ini kami gunakan untuk antisipasi jika ada pebalap yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan evakuasi medis udara," kata Nanang Sigit.

"Kru helikopter ada 11 orang dan 133 personel yang ada di luar tier 1 (area sirkuit)," sambung Nanang. Bila terjadi kecelakaan,  pembalap akan dievakuasi dari lintasan balap menggunakan ambulans ke pusat medis yang terletak di Sirkuit Mandalika. Namun, jika membutuhkan penanganan khusus, akan dievakuasi melalui udara menggunakan helikopter menuju Rumah Sakit Umum Provinsi NTB di Mataram. 

Basarnas juga menyiagakan ratusan petugas di luar dan dalam area sirkuit untuk mengantisipasi kecelakaan yang menimpa penonton maupun warga. Petugas akan mengevakuasi penonton maupun warga yang membutuhkan pertolongan. 

Rangkaian MotoGP Mandalika 2022 atau Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung pada 18 Maret-20 Maret. Balapan Grand Prix yang digelar di sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit menyedot perhatian warga bukan hanya penduduk lokal, tapi juga dari luar daerah terutama Jakarta.

Seri kedua MotoGP digelar di Indonesia, setelah seri pertama berlangsung di Qatar pada 6 Maret lalu. Ajang ini diikuti 24 pembalap dunia, antara lain Marc Marquez, Fabio Quartararo dan lainnya.(Sum/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment