Upacara Hari Pahlawan di Atas Kapal, Kasal: Generasi Muda Wajib Teladani Penjuang Bangsa

By Indonesia Maritime News 10 Nov 2022, 22:14:35 WIB Nasional
Upacara Hari Pahlawan di Atas Kapal, Kasal: Generasi Muda Wajib Teladani Penjuang Bangsa

Keterangan Gambar : Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono. Foto: Dispen TNI AL


Indonesiamaritimenews.xom ( IMN),JAKARTA: Generasi muda wajib meneladani para pejuang bangsa yang terdahulu. Para pahlawan telah memberi suri tauladan, tidak hanya kepada diri sendiri dan keluarga juga bangsa, karena kemerdekaan yang dinikmati ini diraih dengan penuh perjuangan.

Pesan ini disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat memberi sambutan pada upacara Hari Pahlawan 2022 di atas KRI Semarang 594 di perairan Teluk Jakarta, Kamis (10/11/2022). 

Peringatan Hari Pahlawan ke – 77 tahun 2022 digelar TNI AL bersama Kementerian Sosial (Kemensos) dalam pelayaran dari dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menuju Pulau Damar Kepulauan Seribu, Kamis (10/11).

Baca Lainnya :

KRI Semarang-594 diberangkatkan dari Dermaga Mako Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara menuju Teluk Jakarta. Setibanya di lokasi, ratusan prajurit TNI dan Polri melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional diawali dengan penghormatan pada arwah para pahlawan. Kemudian, Kasal secara simbolik melarung  karangan bunga ke laut lepas diikuti dengan penaburan bunga oleh para peserta upacara lainnya.

Peringatan Hari Pahlawan ini melibatkan sekitar 400 perwakilan dari TNI/Polri, kementerian dan lembaga pemerintah. Menurut Yudo, tema peringatan Hari Pahlawan 2022 ‘Pahlawanku Teladanku’ memiliki makna mendalam bagi para generasi penerus bangsa. “Perjuangan itu dilakukan untuk kemajuan, kemakmuran, dan keamanan Republik Indonesia” tegasnya. Hal itu untuk membuktikan pahlawan telah memberi suri tauladan bagi bangsa ini.

Upacara tabur bunga di laut merupakan bagian dari upaya mengenang jasa-jasa para pahlawan, khususnya para pahlawan dalam mempertahankan kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di laut.

Kasal berpesan, keteladanan para pendahulu kita, para pahlawan kita, para pejuang-pejuang bangsa yang memiliki keikhlasan, keberanian dan juga jiwa pantang menyerah wajib diteladani. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment