Penumpang Pesawat Mulai Meningkat, Begini Perintah Menhub Hadapi Mudik Lebaran

By Indonesia Maritime News 25 Apr 2022, 00:10:17 WIB Perhubungan
Penumpang Pesawat Mulai Meningkat, Begini Perintah Menhub Hadapi Mudik Lebaran

Keterangan Gambar : Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan inspeksi ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. Foto : Ist


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),TANGERANG: Aspek keselamatan penumpang pesawat,  menjadi prioritas penting untuk disiapkan dalam masa musil Lebaran 2022 ini. Mulai dari pemeriksaan kelaikan pesawat melalui kegiatan ramp check, maupun pemeriksaan kesehatan awak pesawat.

Hal ini ditegaskan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan inspeksi ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (24/4/2022). Menhub juga mengatakan, ketersediaan armada pesawat, dan juga pengecekan syarat kesehatan dan pengawasan penerapan protokol kesehatan juga menjadi perhatian utama.

Dalam inspeksi tersebut, Menhub memimpin Apel Gabungan para petugas di Bandara Soekarno Hatta yang terdiri dari berbagai unsur yakni: Otoritas Bandara Kemenhub, Angkasa Pura II, Airnav Indonesia, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), TNI, Polri, dan unsur terkait lainnya.

Baca Lainnya :

Menhub yakin, dengan koordinasi dan komunikasi yang baik antar unsur terkait, penyelenggaraan mudik tahun ini bisa dilakukan dengan baik, seperti yang sudah pernah dilakukan saat menangani jamaah penerbangan untuk umroh beberapa waktu lalu.

“Kepada para petugas, lakukan dengan tegas namun tetap sopan, bersahabat, dan melayani dengan ramah. Mari bersama-sama kita wujudkan mudik yang aman dan sehat,” ujar Budi Karya.

Menteri juga mengapresiasi masyarakat yang mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal, guna menghindari kepadatan di masa puncak mudik yang diprediksi terjadi pada 28-30 April 2022 mendatang. “Penumpang yang sengaja mudik lebih awal mengatakan, selain untuk menghindari kepadatan di hari puncak, juga harga tiketnya lebih murah,” kata Menhub.

Ia mengungkapkan, dalam dua hari ini pergerakan penumpang sudah meningkat tajam. Sebelumnya masa mudik Lebaran, setiap hari jumlah penumpang yang melalui Bandara Soetta sekitar 400 orang perhari. "Tetapi dua hari ini sudah meningkat menjadi 900 penumpang per harinya. Okupansinya sudah mendekati 100 persen. Ini berarti anjuran mudik lebih awal sudah dilakukan,” tandasnya.              ( Arry/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment