Mudik Kehabisan BBM di Tol, Call 135 SPBU Mobile Akan Kerahkan Pasukan Motorist

By Indonesia Maritime News 14 Apr 2023, 15:14:46 WIB Perhubungan
Mudik Kehabisan BBM di Tol, Call 135 SPBU Mobile Akan Kerahkan Pasukan Motorist

Keterangan Gambar : Pasukan Motorist siap layani pemudik yang kehabisan BBM di jalan tol. Foto: dok. Humas Pertamina


Indonesiamaritimenews.com (IMN) JAKARTA: Kementerian Perhubungan memprediksi, jumlah pemudik Lebaran 2023 diperkirakan mencapai 123,8 juta jiwa. Sekitar 22 persen pemudik akan menggunakan mobil pribadi, disusul motor dengan rasio sekitar 20 persen.

Melonjaknya jumlah pemudik terutama yang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, berimbas pada peningkatan konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak). Strategi mengerahkan 'SPBU mobile' dengan mengerahkan pasukan 'motorist' dinilai efektif untuk mengatasi kekurangan BBM yang dialami pemudik di Tol.

Tahun ini PT Pertamina (Persero) kembali menerapkan layanan SPBU Keliling dengan menugaskan pasukan 'motorist'. Pasukan ini akan mengirimkan BBM dengan menggunakan sepeda motor kepada para pemudik Lebaran 2023.

Baca Lainnya :

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan pihaknya telah menyiapkan 390 motorist yang telah disiagakan. 

"Kami juga telah menyiapkan motorist untuk melayani pembelian BBM dalam kondisi darurat, di mana kami siap mengantarnya dengan pengawalan polisi," kata Ega di Jakarta, dikutip Jumat (14/4/2023).

Ega menjelaskan, tahun ini ada 390 motorist yang dikerahkan. Jumlah ini meningkat lebih banyak 100 petugas dibanding tahun sebelumnya yaitu 290 motorist. Hal inj untuk  memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat yang melakukan mudik Lebaran.

"Terkait SPBU Keliling atau mobile SPBU berjalan, ada 390 motorist yang akan melayani menggunakan sepeda motor," kata Ega.

Selain menggunakan sepeda motor, BBM juga bisa diantarkan menggunakan mobil pick up patroli. Pertamina telah melakukan kerja sama dengan pihak Jasa marga yang melakukan patroli di jalan tol.

Pertamina akan menyiagakan 114 terminal BBM, 7.491 SPBU, 68 BPPU, serta menyiagakan fasilitas tambahan di daerah-daerah atau wilayah dengan demand yang tinggi.

Selain itu ada juga 23 terminal LPG, 667 SPBBE, dan 5.471 agen LPG. Semua itu disiapkan seiring dengan kondisi stok LPG nasional aman dan coverage days berkisar antara 15-17 hari.

Sementara itu, Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Wilayah Jakarta, Bogor, Depok,  Gustiar Widodo menyampaikan, dengan unduh aplikasi MyPertamina atau Hubungi Call Center 135, motoris yang membawa BBM akan langsung menuju titik permintaan, bagi mereka yang berada di jalur tol. "Pemudik tak perlu khawatir, harganya sama dengan yang di SPBU," tandasnya. ( ARRY/ORYZA)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook