Lepas Bantuan Kemanusiaan, Presiden Jokowi: Indonesia Bersama Perjuangan Palestina

By Indonesia Maritime News 05 Nov 2023, 03:58:39 WIB Politik
Lepas Bantuan Kemanusiaan, Presiden Jokowi: Indonesia Bersama Perjuangan Palestina

Keterangan Gambar : Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina. Foto: Setpres



Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Serangan membabi buta Israel ke Gaza, telah merenggut lebih dari 9.000 nyawa warga Palestina, 3000 di antaranya anak-anak. Presiden RI Joko Widodo menegaskan, Indonesia akan terus bersama perjuangan Palestina. 

“Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina,” ucap Presiden.

Baca Lainnya :

Penegasan ini disampaikan Presiden Jokowi saat melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Bantuan seberat 51,5 ton yang akan dibawa dengan menggunakan tiga pesawat tersebut terdiri dari sejumlah barang-barang logistik yang telah disesuaikan dengan kebutuhan rakyat di Gaza.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” ujar Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, bantuan tahap pertama tersebut merupakan bantuan dari berbagai pihak. Mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga dunia usaha. Presiden juga mengatakan bantuan selanjutnya sedang dipersiapkan oleh pemerintah.

“Selanjutnya kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha,” ungkap Presiden Jokowi.

Menurutnya, bantuan kemanusiaan tersebut merupakan wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan. Ia kembali menegaskan bahwa tragedi kemanusiaan yang terjadi di Gaza tidak dapat diterima dan harus dihentikan secepatnya.

“Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina,” tegas Presiden.

LEBIH DARI CUKUP

Sementara itu, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Indonesia atas bantuan yang diberikan bagi warga Palestina.

“Kami benar-benar bangga dengan rakyat Anda, pemerintah Anda. Apapun bantuannya, apapun bantuannya, apapun dukungannya sudah lebih dari cukup untuk Palestina,” ujar Dubes Zuhair.

Dubes Zuhair juga meyakini rakyat Indonesia akan selalu bersama dengan Palestina dan tidak akan pernah membiarkan Palestina sendirian. Menurutnya, Indonesia memahami perjuangan rakyat Palestina dan turut berjuang bersama.

“Indonesia, sebagaimana disampaikan Yang Mulia (Presiden), akan selalu bersama Palestina dan tidak akan membiarkan Palestina sendirian. Kami berjuang untuk kebebasan, Indonesia mereka memahaminya dan mereka berjuang bersama kami dalam diplomasi. Yang pasti dengan usaha Indonesia, negara Islam terbesar, kita akan sukses dan merdeka,” tandas Zuhair.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, dan Dubes Palestina untuk RI Zuhair Al-Shun. (Fat/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook