KSOP Kelas IV Kalianget Bagi-bagi Life Jacket ke Nelayan

By Indonesia Maritime News 13 Sep 2024, 12:02:58 WIB Perhubungan
KSOP Kelas IV Kalianget Bagi-bagi Life Jacket ke Nelayan

Keterangan Gambar : Kepala Kantor KSOP Kelas IV Kalianget bagikan life jacket kepada nelayan. Foto: Ditjen Hubla



Indonesiamaritimenews.com (IMN), SUMENEP: Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Kelas IV Kalianget melaksanakan kampanye keselamatan pelayaran. Kegiatan ini digelar dalam momentum Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2024 di Pelabuhan Kalianget dan sejumlah wilayah kerja setempat, Rabu (11/9/2024).

Kepala Kantor KSOP Kelas IV Kalianget, Azwar Anas, mengatakan kampanye keselamatan pelayaran ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2024.

Baca Lainnya :

Ia mengungkapkan, dalam kegiatan ini juga dibagikan sekitar 100 buah life jacket kepada kapal-kapal penumpang tradisional dan masyarakat nelayan di Pelabuhan Kalianget dan sejumlah wilayah kerja KSOP Kelas IV Kalianget sebagai bentuk kepedulian akan keselamatan pelayaran pengguna jasa transportasi laut dan para nelayan.

“Life jacket ini diberikan untuk keamanan, keselamatan di atas kapal transportasi laut. Selain itu, pihaknya juga akan  membagikan dokumen kapal berupa e-pas kecil untuk kapal-kapal nelayan tradisional yang telah dilakukan proses pengukuran sebelumnya," kata Azwar.

Bagi masyarakat nelayan tradisional yang masih belum memiliki dokumen e-pas kecil, telah dihimbau untuk segera mendaftar dan mengajukan permohonan ke KSOP Kelas IV Kalianget. "Karena selain sebagai pemenuhan status hukum kapal, e-pas kecil tersebut digunakan sebagai persyaratan untuk mendapatkan BBM bersubsidi dari pemeintah,” sambung Azwar.

Di lokasi pelabuhan penyeberangan, salah satu crew kapal penyeberangan yang menerima bantuan life jacket menyampaikan rasa terimakasih atas pemberian bantuan life jacket tersebut. Begitu pula masyarakat nelayan di Dusun Tarogan, Desa Lobuk, Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Mereka menyampaikan apresiasi dan  berharap kegiatan kampanye keselamatan pelayaran ini dapat terus dilakukan khususnya kepada para nelayan.

“Tentunya kegiatan seperti ini yang diharapkan oleh masyarakat nelayan, dan sangat membantu serta bermanfaat. Masyarakat nelayan memang memerlukan edukasi terkait tata cara melakukan pelayaran yang baik, benar dan selamat mengingat cuaca pelayaran saat ini sering kali berubah dengan cepat,” tandas Azwar Anas. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook