Innalillahi... Prof KH Alie Yafie Tutup Usia

By Indonesia Maritime News 26 Feb 2023, 08:01:50 WIB Religi
Innalillahi... Prof KH Alie Yafie Tutup Usia

Keterangan Gambar : Prof. KH Ali Yafie. Foto: Wikipedia


Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA:  Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Rais Aam PBNU 1991-1992, Prof. KH Ali Yafie tutup usia pada Sabtu (25/2) malam di usia 96 tahun.

Ulama ini meninggalkan empat orang anak. Sebelum berpulang, pria kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah pada 1 September 1926 itu sempat dirawat di Rumah Sakit Premiere Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

Saat tokoh ulama tokoh Nahdlatul Ulama tersebut dirawat, ia sempat dibesuk  oleh Wapres Ma'ruf Amin.pada Kamis 26 Februari 2023.

Baca Lainnya :

"Saya menengok Almukaram Prof Kiai Haji Ali Yafie yang dalam kondisi sakit. Beliau adalah senior saya, baik semasa saya di Nahdlatul Ulama sejak beliau menjadi Rais Aam saya ketika itu menjadi Katib Aam-nya. Kemudian Rais Aam diteruskan oleh Kiai Sahal Mahfudz dan saya melanjutkan, kemudian beliau maju di Majelis Ulama (Indonesia) sebagai ketua umum, dan saya masih berada di belakangnya ketua Majelis Ulama (Indonesia)," ungkap Ma'ruf Amin ketika itu. 

Semada hidupnya, Ali Yafie adalah pengasuh Pondok Pesantren Darud Da'wah wal Irsyad, Parepare, Sulawesi Selatan yang didirikan pada 1947. 

Ali sempat menjabat sebagai wakil Rais Aam PBNU pada Muktamar Krapyak 1989. Ia mendampingi Rais Aam  PBNU KH Achmad Shiddiq.

Ketika Kiai Achmad Shiddiq wafat pada 1991, Ali Yafie lalu menjadi Penjabat (Pj) Rais 'Aam hingga 1992. Ia juga Ketua Umum MUI masa jabatan 1990-2000 menggantikan KH Hasan Basri serta menjadi anggota dewan kehormatan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka di Menteng Residence sektor 7, Bintaro, Tangerang. Rencananya almarhum akan dimakamkan ba'da Zuhur di TPU Tanah Kusir, Jakarta. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook