Hiu Paus Terdampar di Larantuka, Diantar Warga Pulang ke Tengah Laut

By Indonesia Maritime News 06 Mar 2023, 17:34:40 WIB Maritim
Hiu Paus Terdampar di Larantuka, Diantar Warga Pulang ke Tengah Laut

Keterangan Gambar : Seekor Hiu Paus (Rhincodon typus) jantan terdampar di Pantai San Juan Lebao, Kelurahan Puke Tobi Wangi Bao, Kota Larantuka, Flores Timur, NTT. Foto : Tim Terpadu Pengawasan Laut Kabupaten Flores Timur



Indonesiamaritimenews.com (IMNL) JAKARTA: Warga Kelurahan Puken Tobi Wangi Bao, Kecamatan Larantuka, Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) digemparkan dengan munculny seekor ikan hiu paus. Mereka pun berkerumun di pesisir pantai.

Hiu Paus (Rhincodon typus) jantan dengan panjang 4,7 m tersebut terdampar di Pantai San Juan, Kota Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (5/3/2023).

Baca Lainnya :

Ikan raksasa ini berhasil dilepaskan di tengah laut dengan  cara  ditarik menggunakan perahu nelayan. Arus laut yang kencang serta kondisi air laut surut jauh membuat proses pelepasannya sedikit terkendala

Warga Kelurahan Puken Tobi Wangi Bao, Kecamatan Larantuka, Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT berkerumun di pesisir pantai melihat seekor Hiu Paus (Rhincodon typus) terdampar. Hewan ini ditemukan terdampar oleh seorang warga bernama Budi di pesisir pantai San Juan, Lebao.

Kepala Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT wilayah Kabupaten Sikka, Flores Timur dan Lembata, Antonius Andy Amuntoda mengatakan pihaknya bersama anggota Polairud Polda NTT Flores Timur, Dinas Perikanan Kabupaten Flores Timur serta Satuan Pengawas Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (Satwas SDKP) Flores Timur langsung turun ke lokasi.

Dijelaskan Andy, ketika mereka sampai di lokasi, hiu paus tersebut sedang diikat oleh para nelayan. Pihaknya khawatir bila tidak segera ditangani, hiu paus itu stres dikerumuni warga dan bisa mati.

“Kami pun segera beraksi agar hiu paus tersebut segera dilepas ke laut. Kondisi air laut yang sedang surut menyulitkan untuk proses pengembalian hiu paus ke tengah laut,” kata Andy.

 Awalnya ikan paus itu didorong ke tengah laut. Namun air lautsedang surut jauh dan arus laut sangat kencang membuat hiu paus kembali terdampar. "Kami akhirnya berinisiatif menarik hiu paus dengan kapal nelayan ke tengah laut baru dilepaskan pada titik koordinat 08°31’91″S 123°02’03″E sekitar pukul 10.00 WITA,” ungkap Andy. Ia bersyukur hiu paus akhirnya bisa kembali ke laut. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook