Hadiri Puncak HPN 2024, Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Insan Pers Indonesia

By Indonesia Maritime News 20 Feb 2024, 18:12:46 WIB Nasional
Hadiri Puncak HPN 2024, Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Insan Pers Indonesia

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi bersama Ketua Dewan Pers, Ketua PWI Jaya, Ketua MPR dan Menkominfo menabuh rebana di acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Foto: property of indonesiamaritimenews.com


 

Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada pers untuk tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi, menjadi rumah bersama untuk informasi berdasarkan fakta. Pers juga diminta membuat berita sesuai fakta, bukan mengada-ada.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta, Selasa (20/2/2023) sore.

Baca Lainnya :

Tahun ini HPN mengangkat tema 'Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa'. Dalam sambutannya Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers yang konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi. 

Presiden berpesan agar pers tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi, menjadi rumah bersama untuk informasi berdasarkan fakta. 

"Terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi. Saya juga berterima kasih kepada pers yang turut mengawal Pemilu 2024 yang baru saja kita jalani,” ujar Presiden Jokowi.

Ia menitipkan dua pesan kepada insan pers di Indonesia. Pertama, agar pers tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi dan menjadi rumah bersama untuk menjernihkan informasi.
“Beritakanlah fakta-fakta apa adanya, tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi, bukan seolah-olah ada,” ujar Presiden.

Kedua,  perusahaan pers di dalam negeri diminta memikirkan langkah-langkah yang konkret dan strategi serta terus melakukan inovasi di tengah ketidakpastian global.

“Saya sangat berharap perusahaan pers dapat memikirkan langkah-langkah konkret dan strategis, terus melakukan inovasi agar adaptif dalam merespon perubahan zaman, mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah gempuran persaingan global,” ujarnya.

Kepala Negara negara juga menegaskan bahwa ia sangat menghormati kebebasan pers, kebebasan berekspresi, serta kebebasan berpendapat di tanah air.

Dalam kesempatan ini Presiden juga mengatakan telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights.

"Setelah sekian lama, setelah melalui perdebatan panjang, akhirnya kemarin saya menandatangani Peraturan Presiden tentang Tanggung Jawab [Perusahaan] Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas, atau yang kita kenal sebagai Perpres Publisher Rights,” ujar Presiden.

Perpres tersebut menurut Jokowi tidak bertujuan untuk mengurangi kebebasan pers dan mengatur konten pers. Dalam Perpres tersebut, pemerintah mengatur hubungan bisnis antara perusahaan pers dan platform digital untuk meningkatkan jurnalisme yang berkualitas.

Sebagai tanda puncak acara HPN 2024, Presiden Jokowi bersama Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartoni menabuh rebana di atas panggung.

Pantauan indonesiamaritimenews.com turut mendampingi Presiden dalam acara ini, Ketua MPR Bambang Soesatyo; Menkominfo Budi Arie Setiadi; Mendagri Tito Karnavian; Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung; Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto; Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria; Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, seta Duta Besar Malaysia bersama sejumlah wartawan Malaysia.

Acara ini juga dihadiri oleh ratusan jurnalis dari 38 provinsi se-Indonesia dari Sabang sampai Marauke.(Bow/Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook