DAMRI Layani 423 Ribu Penumpang Periode H-10 dan H+3 Lebaran 2023

By Indonesia Maritime News 28 Apr 2023, 20:39:01 WIB Perhubungan
DAMRI Layani 423 Ribu Penumpang Periode H-10 dan H+3 Lebaran 2023

Keterangan Gambar : Bus DAMRI.Foto;:Property of indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA: DAMRI melayani sekitar 423.674 penumpang pada periode angkutan Lebaran 2023 atau  Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Jumlah tersebut dilayani dengan menempuh lebih dari 46 ribu jumlah perjalanan (ritase).

Hal tersebut diungkapkan oleh Corporate Secretary DAMRI, Akhmad Zulfikri dalam keterangan tertulis Jumat (28/4/2023). "Lebih dari 420 ribu penumpang ini tercatat sejak periode H-10 Lebaran hingga H+3 Lebaran," jelas Zulfikri.

Dia menilai, angka tersebut menunjukkan bahwa mobilitas masyarakat Indonesia menggunakan angkutan darat bus masih tetap tinggi, baik itu untuk tujuan arus mudik dan arus balik maupun untuk menghabiskan cuti Lebaran.

Baca Lainnya :

Puncak arus mudik mmenggunakan DAMRI terjadi pada tanggal 18-20 April. Adapun rute favorit di antaranya: Jakarta menuju Lampung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Wonosobo. Rute lainnya yaitu dari dan menuju Lampung, hingga ke layanan batas negara Pontianak-Kuching.

Pada periode angkutan Lebaran tahun ini, katanya, Damri juga mencatat beberapa wilayah dengan jumlah kepadatan penumpang tertinggi pada arus mudik, yakni pemberangkatan dari Pool Damri Kemayoran dan Stasiun Gambir. 

Sedangkan untuk arus balik terjadi pada pemberangkatan dari wilayah Surabaya, Lampung, Purwokerto, dan Wonosobo.

Selama masa angkutan Lebaran, DAMRI Damri juga memantau dan mengevaluasi pergerakan penumpang melalui penyediaan Posko Angkutan Lebaran di beberapa wilayah di Pulau Jawa, yakni Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Khusus Pulau Kalimantan, yakni Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, dan Banjarmasin, juga di Pulau Sulawesi yakni Makassar, Manado, dan Gorontalo. Serta di Pulau Papua yakni Jayapura.

Menurut Zullgikri, keberadaan posko tersebut bertujuan untuk melakukan optimalisasi kinerja perusahaan dalam melayani masa angkutan lebaran, memastikan kegiatan operasional berjalan tertib, lancar, dan aman. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook