Coffee Morning Regional 2 Priok Paparkan RIP Pelabuhan Tanjung Priok ke Media

By Indonesia Maritime News 25 Jun 2024, 18:39:38 WIB Perhubungan
Coffee Morning Regional 2 Priok Paparkan RIP Pelabuhan Tanjung Priok ke Media

Keterangan Gambar : Executive General Manager Regional 2 Tanjung Priok Adi Sugiro. Foto: Property of Indonesiamaritimenews.com



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Regional 2 beri paparan Rencana Induk Pengembangan ( RIP) Pelabuhan Tanjung  Priok kepada awak media, pada acara Coffee Moning, Selasa (25/6/2024) di Priok Corner Jakarta.

Acara bersama  Forum Wartawan Maritim Indonesia (FORWAMI) itu berjalan santai dengan  desing lalu-lalang  truk kontainer yang melaju dan kapal yang sedang bongkar muat  yang menjadi nadi Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca Lainnya :

Executive General Manager Regional 2 Tanjung Priok Adi Sugiri memimpin acara didampingi Senior Manager Komersial Chandra Irawan, Manager Komersial Gerry Guardiano dan  Humas Anwar ,Ali beserta staf lainnya.

Senior Manager Komersial, Chandra Irawan, memaparkan  RIP telah disetujui pemerintah melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 11 Tahun 2024 tentang Rencana Induk Pelabuhan Tanjung Priok dan Marunda Terintegrasi.

Khusus untuk Pelabuhan Tanjung Priok, ada beberapa point yang disampaikan terkait RIP tersebut, di antaranya adalah Rencana Pengembangan yang meliputi penataan lahan daratan eksisting pelabuhan.

Chandra juga menjelaskan soal Pengembangan Terminal Kalibaru New Priok, relokasi penumpang Cruise, Roro ke Sunda Kelapa serta Relokasi Cargo dari Sunda Kelapa. Langkah Pelabuhan Tanjung Priok menyikapi rencana tersebut dengan tenggat waktu jangka pendek antara tahun 2023 sampai 2027.

Dijelaskan pula, pengembangan Terminal Kalibaru merupakan upaya PT Pelindo (persero) untuk menjawab tantangan dan peluang pelabuhan di masa depan. Cita-cita ini tentu harus mendapat dukungan yang besar dari para stakeholder pelabuhan.

Rencana Revitalisasi Infrastruktur Terminal ex JICT 2, telah dan sedang dilakukan perkuatan area dermaga dan peninggian lapangan container serta pembangunan fasilitas penunjang lainnya agar terminal ex JICT 2 dapat segera dioperasikan kembali.

Dielaskan pula soal pembangunan infrastruktur jalan agar akses keluar masuk pelabuhan lebih lancar, seperti konektivitas jalan tol yang saling berhubungan ke arah pelabuhan.

Terkait digitalisasi pelabuhan ditandai dengan  ditambahnya sistem Auto Gate Pass di pos 12 Sindang Laut untuk memperlancar arus kendaraan masuk yang sebelumnya masih secara manual.

Para pewarta
yang hadir bersemangat  bertanya pada sesi tanya jawab tentang seputar paparan RIP yang disampaikan.

Adi Sugiri selaku Executive General Manager dalam sambutan penutupnya menyampaikan, dengan agenda coffee morning ini diharapkan sinergi kolaboratif antara Pelindo Regional 2 Tanjung Priok dengan media bisa terjalin dengan baik.

Dia berharap media dapat mendukung terkait hal-hal positif atas rencana pengembangan pelabuhan dan operasional kepelabuhanan yang dilakukan oleh Pelindo untuk kemajuan Pelabuhan Tanjung Priok. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook