Cetak Tenaga Lasher, TTL Kolaborasi Poltekpel, KSOP Tanjung Perak Beri Apresiasi

By Indonesia Maritime News 18 Sep 2024, 08:47:03 WIB Logistik
Cetak Tenaga Lasher, TTL Kolaborasi Poltekpel, KSOP Tanjung Perak Beri Apresiasi

Keterangan Gambar : PT Terminal Teluk Lamong (TTL) berkolaborasi dengan Politeknik Pelayaran Surabaya (Poltekpel) menggelar Diklat Teknik Lashing Unlashing Muatan Peti Kemas di atas Kapal dan Sertifikasi Lasher.Foto: Humas TTL



Indinesiamaritimenews.com(IMN), SURABAYA:
PT Terminal Teluk Lamong (TTL) berkolaborasi dengan Politeknik Pelayaran Surabaya (Poltekpel) menggelar Diklat Teknik Lashing Unlashing Muatan Peti Kemas di atas Kapal dan Sertifikasi Lasher.

Kegiatan diadakan 2 hari, 10 s/d 11 September 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 80 (delapan puluh) peserta yang merupakan tenaga kerja lasher yang bernaung di bawah Puskopal Koarmada II area kerja PT Terminal Teluk Lamong.

Baca Lainnya :

Diklat dan sertifikasi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan pengikatan dan pelepasan muatan peti kemas, yang merupakan aspek krusial dalam operasional pelabuhan. Kegiatan ini juga merupakan bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) yang digagas TTL terkait tanggung jawab di bidang pendidikan untuk peningkatan kualitas SDM masyarakat. 

Agustinus Maun, Kepala Kantor KSOP Utama Tanjung Perak membuka acara. Tampak hadir David Pandapotan Sirait, Direktur Utama PT. Terminal Teluk Lamong serta Moejiono, Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya. 

Agustinus Maun, menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif kegiatan ini. "Kinerja PT Terminal Teluk Lamong untuk pengoperasian saat ini sudah sangat bagus dan melebihi standart kami yaitu diatas angka 23 box/jam untuk domestik dan 25 box/jam untuk internasional. Ini menunjukkan bahwa dengan peningkatan kompetensi, kita dapat mencapai hasil yang lebih baik," kata Agustinus.

David pada kesempatan itu mengatakan, konsep Green and Smart Port Terminal Teluk Lamong dapat menciptakan operasional pelabuhan yang efisien jika disertai dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya tenaga kerja lasher.

"Tantangan saya dalam tiga tahun ke depan dan khususnya tahun ini adalah berfokus pada people, people and people, dimana Sumber Daya Manusia merupakan aset terpenting yang harus kita tingkatkan kompetensinya dan diberi kesempatan untuk berinovasi," terang David.

Ia menegaskan bahwa diklat ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan lasher agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tuntutan industri pelabuhan yang semakin kompleks.

Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya, Moejiono, menambahkan bahwa diklat ini tidak hanya berfokus pada peningkatan skill tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran keselamatan kerja. "Terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada kita untuk bersama-sama membangun dan meningkatkan kompetensi SDM  dalam hal ini lasher PT Terminal Teluk Lamong. Kita semua berharap dalam mempersiapkan SDM, selain kompetensi untuk menghasilkan pekerjaan yang efektif dan efisien, yang terpenting adalah keselamatan dalam bekerja," tutur Moejiono.

Kegiatan ini bagian dari program berkelanjutan dalam pengembangan SDM PT Terminal Teluk Lamong akan menggandeng institusi pendidikan dan pelatihan, termasuk Politeknik Pelayaran Surabaya untuk menyelenggarakan berbagai program pelatihan yang relevan. Kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang tidak hanya terampil, tetapi juga memiliki pemahaman mendalam mengenai perkembangan industri pelabuhan dan logistik.

PT Terminal Teluk Lamong berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam pengembangan SDM, dimana salah satu upayanya melalui pelaksanaan diklat dan sertifikasi seperti ini. Melalui kegiatan ini TTL dapat turut membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan di masa depan.(Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook