Balapan Powerboat F1 H20 Medan, Presiden Jokowi: Sangat Seru

By Indonesia Maritime News 26 Feb 2023, 20:54:19 WIB Olahraga
Balapan Powerboat F1 H20 Medan, Presiden Jokowi: Sangat Seru

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi menyalami peserta Powerboat F1 H2O di Danau Toba. Foto: Setpres


Indonesiamaritimenews.com (IMN),MEDAN:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai balapan F1 H2O/Powerboat di Danau Toba, Sumatra Utara, sangat seru. Jokowi mengapreasi ajang internasional tersebut.

"Saya bicara apa adanya ya. Ini sebuah event yang sangat seru sekali dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini," kata Jokowi yang menyaksikan event tersebut, Minggu (26/2/2023).

Sejumlah pejabat tinggi juga hadir dalam event ini  seperti Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menpora Zainudin Amali, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Mensesneg Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi. Hadir juga Duta Besar Persatuan Emirat Arab untuk Indonesia, Abdulla Salem Al-Daheri.

Baca Lainnya :

Jokowi berharap event-event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah. "Di sini di Danau Toba ada F1 Powerboat, nanti di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula E, nanti di Mandalika ada Superbike," kata Jokowi.

Boat peserta F1H2O di Danau Toba, Sumut. Foto: Instagram F1H2O

Ia juga berharap balapan F1 Powerboat ini bisa memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan Danau Toba. 

"Saya kira ini akan mentrigger ekonomi di daerah. Sangat bagus sekali," tambah mantan Gubernur DKI Jakarta ini. 

Menurut Joko,wi, ke depq annya akan muncul pemba,ngunan hotel hingga restoran di kawasan tersebut.

HARUS DIPERBAIKI

Menurut Jokowi, masih banyak yang perlu diperbaiki di wilayah Danau Toba ini. "Infrastrukturnya, terminal airportnya. Yang untuk F1 Powerboat ini saja masih banyak kekurangan yang harus kita perbaiki. Jadi saya kira semuanya butuh waktu, semuanya butuh proses, tidak langsung ujug-ujug, oh ini ternyata jalannya kurang gede, oh apron untuk parkir pesawat ternyata juga kurang gede," tutur Jokowi.

Presiden Jokowi juga ingin membawa ajang Formula 1 ke Indonesia. Dia menuturkan saat ini pemerintah masih dalam tahap penjajakan untuk membawa F1 ke Indonesia. Karena membawa brand-brand kuat seperti F1 Powerboat tidak mudah.

"Semua kita jajaki karena akan membawa brand-brand kuat seperti F1 Powerboat. Ini juga tidak mudah. Kita juga ingin menarik Formula 1 untuk masuk ke Indonesia, mungkin tahun depan. Ini baru penjajakan, baru menyiapkan tim untuk menuju ke sana," ungkap Jokowi.

Kejuaraan Dunia F1H2O adalah seri internasional unggulan dari perahu balap dengan satu kursi yang digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM). F1H2O diikuti oleh 10 tim dengan 20 pembalap.

Dalam satu musim kejuaraan dilaksanakan 8 seri balap, dengan seri pertama tahun 2023 digelar di Danau Toba, Indonesia. Setelah Indonesia, seri selanjutnya akan digelar di Tiongkok. (BOW/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook