Alhamdulillah... Kapolda Jambi dkk Berhasil Dievakuasi dari Hutan Kerinci Pakai Helikopter

By Indonesia Maritime News 21 Feb 2023, 19:59:10 WIB Sorot
Alhamdulillah... Kapolda Jambi dkk Berhasil Dievakuasi dari Hutan Kerinci Pakai Helikopter

Keterangan Gambar : Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono Dievakuasi dari hutan Bukit Tamiai pakai Helikopter Super Puma milik TNI. Foto: instagram Polda Jambi


Indonesiamaritimenews.com (ÌMN),JAKARTA: Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan 7 anak buahnya dari hutan Bukit Tamiai, Kerinci, Selasa (21/2/2023) sore. Proses evakuasi cukup dramatis karena kendala cuaca dan medan yang sulit.

"Alhamdulillah Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono telah berhasil dievakuasi," demikian keterangan Polda Jambi di akun Instagram @polda_jambi.

Pada proses evakuasi hari ketiga ini, ada 6 helikopter yang disiagakan. Proses evakuasi dilakukan secara bertahap. Irjen Rusdi sendiri dievakuasi dari dalam hutan pada pukul 16.38 WIB. Sebelum kapolda, 4 anak buahnya lebih dulu dievakuasi.

Baca Lainnya :

Basarnas menyebut, Irjen Rusdi langsung dievakuasi ke Jambi menggunakan Helikopter TNI. "Dievakuasinya milik TNI AU ya jenis Super Puma," jelas Kepala Tim Basarnas Evakuasi Udara, Asrul Yadi.

Ada beberapa yang dibawa ke posko evakuasi di Merangin, ada juga yang langsung dilarikan ke Kota Jambi. Kapolda langsung dilarikan ke RS Bhayangkara karena lukanya cukup parah. Irjen Rusdi disebutkan mengalami patah tangan.

Kapolda dan 7 orang lainnya baru bisa dievakuasi di hari ketiga setelah insiden terjadi. Cuaca buruk dan medan yang sulit menjadi kendala utama susahnya evakuasi dilakukan. Di hari ketiga, 6 helikopter dikerahkan untuk evakuasi korban yakni milik Baharkam Polri, TNI AU, Basarnas serta heli milik Sinarmas.

Diberitakan indonesiamaritimenews.com sebelumnya, Helikopter jenis Superbell 3001 milik Poludara mendarat darurat di hutan Bukit Tamiai, Kerinci, karena terjebak cuaca buruk pada Minggu (19/2/2023). 

Heli tersebut membawa 8 penumpang tersiri dari: 

1. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono

2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira

3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan

4. Koorspripim Kompol Ayani

5. ADC Kapolda Jambi Briptu Muhardi Aditya

6. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap

7. Copilot AKP Amos Freddy P Sitompul

8. Mekanik Aipda Susilo

Sedianya rombongan Kapolda Jambi akan meresmikan Gedung SPK Polres Kerinci. Namun helikopter terjebak cuaca buruk dan kabut tebal sehingg mendarat darurat di hutan Bukit Tamiai. Semua penumpang selamat meskipun helikoper hancur. (Ted/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook