Royal Wedding Putra Jokowi, Siraman Kaesang Para Menteri Bergilir Guyur Air Bunga

By Indonesia Maritime News 09 Des 2022, 15:14:35 WIB Kesehatan
Royal Wedding Putra Jokowi, Siraman Kaesang Para Menteri Bergilir Guyur Air Bunga

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi mengguyur tubuh putra bungsunya pakai air bunga setaman, Kaesang dalam prosesi siraman. Foto: instagram jokowi


 Indonesiamaritimenews.com ( IMN),SOLO: Prosesi siraman Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, berlangsung Jumat (9/12/2022) di Solo. 

Calon mempelai wanita, Erina Gudono, juga menjalani prosesi siraman di rumah orang tuanya di Sleman, Yogyakarta.  Akad nikah akan dilaksanakan besok, Sabtu (10/12/2022). 

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menjadi panitia inti dan ikut 'memandikan' Kaesang pakai air bunga yag diambil dari 7 sumber. Air 7 rupa itu diambil dari rumah Erina Gudono, rumah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo, Keraton Kilen, Pakualaman, Puro Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta dan air zamzam dari Tanah Suci Mekah.

Baca Lainnya :

Tokoh pertama yang mengguyur Kaesang adalah Menkopolhukam Mahfud MD didampingi istri. Selanjutnya Menteri Luhut Binsar Panjaitan, kemudian disusul Menlu Retno Marsudi didampingi suami. Berikutnya Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto beserta istri, kemudian Idong Setyo Husodo dan istri.



 Berikutnya Gibran Rakabuming Raka, kakak kandung Kaesang, didampingi istrinya Selvi Ananda, mengguyurkan air bunga ke tubuh Kaesang. Setelah itu giliran Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. Baru kemudian puncaknya, orang tua Kaesang,  Joko Widodo dan Iriana menyiramkan air 7 rupa ke tubuh putra bungsunya itu.

Jokowi kemudian melakukan prosesi Tanam Rikmo, memotong ujung rambut Kaesang lalu dimasukkan ke dalam kendi kecil. Jokowi bersyukur prosesi siraman berjalan lancar.

'Kami mengantar Kaesang Pangarep untuk menjalani rangkaian prosesi pernikahan dengan Erina Gudono.  Syukur Alhamdulillah prosesi sungkeman dan siraman berjalan baik dan lancar," kata Jokowi dalam keterangan tertulis di instagram.

Jumat malam ini akan berlangsung mapam midodareni. Besok, Sabtu (10/12/2022) akad nikah akan dilangsungkan di Pendopo Royal Ambarukmo Yogyakarta. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook