Puluhan Pekerja Pelindo Regional 2 Sigap Padamkan Kebakaran dan Evakuasi Karyawan

By Indonesia Maritime News 01 Jul 2024, 10:09:32 WIB Perhubungan
Puluhan Pekerja Pelindo Regional 2 Sigap Padamkan Kebakaran dan Evakuasi Karyawan

Keterangan Gambar : Petugas Damkar dan karyawan Pelindo Regional 2 memadamkan kebakaran gedung. Foto: Humas Pelindo Reg.2



Indonesiamaritimenews.com ( IMN), JAKARTA: Sekitar 50 pekerja PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok berlarian menyelamatkan diri akibat kantor mereka terbakar. Mereka bersama petugas juga berupaya memadamkan kebakarakan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Kesibukan puluhan karyawan ini tergambar dalam simulasi Exercise Drill 3 yang digelar di kantor PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2, Kamis (26/6/2024). Kegiatan ini bertujuan mengedukasi para pekerja tentang pentingnya keselamatan kerja. Hal ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Baca Lainnya :

Kegiatan Exercise Drill dilaksanakan oleh tim HSSE Pelindo Regional 2 serta tim tanggap darurat Kantor Pelindo Regional 2.  Kegiatan yang juga berkolaborasi dengan tim Pemadam Kebakaran Pelindo Regional 2 Tanjung Priok ini, dilakukan dengan skenario simulasi gempa bumi yang mengakibatkan terbakarnya salah satu lantai gedung.

MENGEDUKASI

Simulasi yang melibatkan sedikitnya 50 pekerja Pelindo Regional 2 mulai dari lingkup staf sampai petugas Damkar. Tujuannya, untuk mengedukasi para pekerja tentang prosedur evakuasi dan tindakan darurat yang tepat, sehingga dapat merespons dengan cepat dan efektif dalam situasi darurat.

Selain itu, simulasi ini juga dapat berfungsi untuk meninjau kembali keamanan gedung dengan menilai efektivitas rencana evakuasi dan memastikan estimasi waktu evakuasi agar keselamatan kerja dapat terlaksana dengan baik.

Pelaksanaan Drill K3 adalah bagian dari upaya perusahaan untuk menumbuhkan budaya keselamatan kerja khususnya di lingkungan pelabuhan. Selain itu juga untuk meningkatkan awareness budaya K3 kepada para pekerja meliputi Tertib Safety Patrol, Simulasi Safety Drill, dan Penanggulangan Kebakaran khususnya di lingkungan kerja.

Dalam kegiatan Drill K3 ini para tim tanggap darurat berlatih cara untuk penanganan api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), evakuasi dan penyelamatan, koordinasi dan komunikasi serta pertolongan pertama pada saat terjadi musibah gempa dan kebakaran.

Senior Manager HSSE Pelindo Regional 2, Frida Ervina Sitorus mengatakan bahwa secara keseluruhan simulasi tersebut merupakan aset penting.

“Secara keseluruhan, simulasi gempa bumi dan kebakaran ini adalah investasi penting dalam keselamatan karyawan dan perlindungan aset perusahaan. Ini tidak hanya membantu dalam kesiapan menghadapi keadaan darurat, tetapi juga meningkatkan kesadaran bahaya serta meningkatkan respons dan koordinasi dalam situasi kritis," tandas Frida. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook