Presiden Jokowi: Kami Ngunduh Mantu, Sekaligus Merawat Budaya

By Indonesia Maritime News 11 Des 2022, 08:51:09 WIB Seni & Budaya
Presiden Jokowi: Kami Ngunduh Mantu, Sekaligus Merawat Budaya

Keterangan Gambar : Prosesi ngunduh mantu yang digelar Presiden Jokowi di Solo. Foto: youtube Presiden Joko Widodo


Indonesiamaritimenews.com (IMN)SOLO: Prosesi ngunduh mantu yang digelar Presiden Joko Widodo di Solo, Jateng, Minggu (11/12/2022) disambut antusias masyarakat setempat. Acara ini juga disiarkan secara langsung oleh TV swasta maupun live streaming Youtube.

Sebelum acara dimulai, Jokowi menyapa masyarakat yang ramai berdiri di pinggir jalan ingin menyaksikan rangkaian acara ngunduh mantu. Presiden lalu menjelaskan acara ngunduh mantu pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

"Kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sekaligus kita nguri-nguri kabudayan (merawat kebudayaan)," kata Jokowi didampingi Ibu Iriana dan keluarga inti di depan Loji Gandrung, Rumah Dinas Walikota Solo.

Baca Lainnya :

Selain Jokowi-Iriana, tampak juga Bobby Nasution, Kahiyang Ayu, Gibran Rakabuming Raka, dan Selvi Ananda, serta anak-anaknya. Keluarga inti Jokowi mengenakan seragam beskap hitam.

Jokowi menjelaskan, adalah tugas masyarakat untuk merawat dan mengenalkan budaya. "Karena budaya adalah warisan para leluhur kita oleh sebab itu mengenalkan budaya kita adalah wajib, mencintai budaya kita juga adalah kewajiban kita bersama," lanjutnya.

Kecintaan pada budaya, sambung Jokowi, harus ditunjukkan.  “Agar identitas budaya kita muncul kembali dan karakter kita, karakter budaya kita juga, semakin kita mencintai," ungkap Jokowi. (Fat/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook