KSOP Sunda Kelapa Gandeng Politeknik Pelayaran Banten Latih Masyarakat Soal Keselamatan Pelayaran

By Indonesia Maritime News 06 Agu 2024, 14:55:41 WIB Pelabuhan
KSOP Sunda Kelapa Gandeng Politeknik Pelayaran Banten Latih Masyarakat Soal Keselamatan Pelayaran

Keterangan Gambar : KSOP Sunda Kelapa bersama Politeknik Pelayaran Banten menggelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat. Foto: KSOP Sunda Kelapa



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa memberikan pelatihan Basic Safety Training dan Surat Keterangan Kecakapan 60 Mil kepada masyarakat tentang prosedur keselamatan yang harus dipahami.

Kegiatan yang digelar mulai Senin 5 Agustus hingga 10 Agustus 2024 ini bertujuan untuk menekan risiko dan pencegahan kecelakaan kapal. KSOP Sunda Kelapa menggelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat, bekerja sama dengan Politeknik Pelayaran Banten. 

Baca Lainnya :

Langkah proaktif ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman, mengurangi risiko cidera, meningkatkan produktivitas, serta memastikan bahwa masyarakat dapat bekerja dengan aman dan tanpa kekhawatiran.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa, Capt. Antoni Arif Priadi. Diklat Pemberdayaan Masyarakat (BST KLM & SKK-60) digelar di Aula Fatahillah selama lima hari mulai 5 Agustus hingga 10 Agustus 2024. Acara yang diikuti oleh 144 masyarakat ini diisi dengan berbagai materi serta praktik lapangan.

“Pelaksanaan diklat ini sebagai bentuk sarana dalam meningkatkan kompetensi masyarakat terhadap keselamatan pelayaran dan dalam harapan masyarakat dapat bekerja dengan lebih aman dan produktif, serta berkonstribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat maritim," jelasnya Capt. Antoni.

Diklat ini dilaksanakan gratis atau tanpa dipungut biaya dan diikuti oleh 144 peserta. Prinsipnya, kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dasar tentang keselamatan bekerja di atas kapal dan menunjukan bahwa seseorang telah memiliki kompetensi untuk berlayar hingga jarak 60 mil dari pantai.

TINGKATKAN KOMPETENSI SDM

Sementara itu dalam sambutannya Direktur Politeknik Pelayaran Banten, Capt. Samuel Palembangan mengungkapkan tujuan diklat sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 63 Tahun 2018, adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM dan pelayanan publik di bidang transportasi.

“Pelaksanaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini merupakan wujud nyata kehadiran negara melalui Kementerian Perhubungan dan diharapkan  peserta mendapatkan  pengetahuan terhadap keselamatan pelayaran," jelas Capt. Samuel.

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan masing-masing instansi memberikan pembekalan untuk peserta diklat dari Kepolisian Sektor Sunda Kelapa dan Pos TNI Angkatan Laut Sunda Kelapa. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook