IMeninggal di Perairan Maluku, Jenazah ABK Dievakuasi Kapal Patroli KPLP

By Indonesia Maritime News 07 Des 2023, 21:48:57 WIB Sekitar Kita
IMeninggal di Perairan Maluku, Jenazah ABK Dievakuasi Kapal Patroli KPLP

Keterangan Gambar : Kapal Patroli KPLP mengaevakuasi jenazah ABK di perairan Maluku. Foto: Ditjen Hubla



Indonesiamaritimenewa.com (IMN), BITUNG: Seorang Anak Buah Kapal (ABK) KM. Atlantic Sentosa 05, meninggal di Perairan Laut Maluku, sekitar 10 mil laut dari Pulau Lembeh. Jenazahnya dievakuasi oleh Kapal Patroli KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai) KN - P.331 dari Pangkalan Penjagaan Laut Dan Pantai Kelas II Bitung,

Evakuasi dilakukan pada Rabu, 6 Desember 2023. Kepala Pangkalan PLP Kelas II Bitung, Capt. Barnabas Fendy Tallu mengatakan, evakuasi dilakukan berdasarkan laporan pemilik KM. Atlantic Sentosa 05 tentang seorang ABK yang sakit dan membutuhkan pertolongan.

Baca Lainnya :

"KN - P.331 yang tengah melaksanakan patroli keselamatan pelayaran di sekitaran buoy hijau pintu selatan Kota Bitung, segera merespons dan bergerak ke titik koordinat yang diterima melalui komunikasi radio antara KN - P.331 dan KM. Atlantic Sentosa 05," ungkap Barnabas dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12/2023).

Dalam waktu singkat, KM. Atlantic Sentosa 05 melaporkan bahwa ABK yang sakit telah meninggal dunia. KN - P.331 tiba di lokasi, melakukan olah gerak sandar di KM. Atlantic Sentosa 05, dan langsung mengevakuasi jenazah.

"Selanjutnya, kapal berangkat menuju dermaga Perusahaan Singa Raja, di mana korban diserahkan kepada tim medis dari Puskesmas Kecamatan Madidir. Proses pemindahan menggunakan mobil ambulance, dengan pengawalan dari pihak kepolisian," tambahnya.

KM. Atlantic Sentosa 05, dengan GT 198, membawa muatan sekitar 60 ton ikan, berlayar dari Laut Aru menuju Pelabuhan Bitung.

Kepala Pangkalan PLP Bitung, Capt. Barnabas Fendy Tallu memberi apresiasi tinggi terhadap profesionalitas anggotanya. Ia menegaskan bahwa tindakan tersebut merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran.

"Saya memberikan apresiasi setinggi tingginya atas profesionalitas yang ditampilkan oleh anggota Saya, meskipun pada dasarnya hal itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Kami sebagai seorang KPLP yang bertanggung jawab atas Keselamatan dan Keamanan Pelayaran," tandasnya.(Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook