Perjuangan Prajurit Kopasgat TNI AU Mengevakuasi Kapolda Jambi, Bikin Merinding

By Indonesia Maritime News 22 Feb 2023, 19:55:48 WIB Sorot
Perjuangan Prajurit Kopasgat TNI AU Mengevakuasi Kapolda Jambi, Bikin Merinding

Keterangan Gambar : Momen menegangkan saat Kapolda Jambi di dalam tenda serta prajurit Kopasgat 462 TNI AU yang mengevakuasi, dimasukkan ke helikopter menggunakan tali. Foto: Instagram Kopasgat TNI AU


Perjuangan Prajurit

Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Momen dramatis evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono menggunakan helikopter, masih menjadi perbincangan publik. Saat itu tandu yang membawa Kapolda didekap erat seorang prajurit TNI lalu diangkat ke udara pakai tali. Saat akan dimasukkan ke helikopter, tandu itu  berputar-putar cukup kencang.

Semua yang melihat momen ini menjadi tegang.  Peristiwa bikin merinding. Tak lama berselang, tandu kapolda dan prajurit TNI AU yang mengevakuasi berhasil dimasukkan ke helikopter.  "Alhamdulillah...," gumam puluhan Tim SAR yang berada di darat, tepat di bawah Helikopter Super Puma yang mengevakuasi Kapolda pada Selasa (21/2/2023).

Baca Lainnya :

Banyak masyarakat yang ingin mengetahui memgapa tandu yang membawa kapolda berputar-putar di udara cukup kencang. 

Penerangan Kopasgat TNI AU melalui Instagram resmi memberi penjelasan. "Karena kondisi Kapolda mengalami cedera sehingga posisinya harus agak miring yang mengakibatkan dragbar tidak bisa balance sehingga dragbar bersama tim evakuasi dari Yonko 462 Kopasgat pada saat dinaikkan ke heli mengalami twist (berputar)," jelas  Penerangan Kopasgat TNI AU dalam postingan di akun Instagram @kopasgat_tniau.

Proses evakuasi dilakukan sekitar pukul 16.40 WIB menggunakan helikopter Super Puma H 3211 diawaki Mayor Pnb M. Ravi Rakasiw. Tim SAR Yonko 462 melakukan evakuasi dengan menggunakan teknik Hoisting. Proses evakuasi diantisipasi dengan double safety perlengkapan yang digunakan oleh tim SAR Yonko 462 Kopasgat.

Proses evakuasi yang menegangkan tersebut menjadi viral. Banyak yang memuji Tim Kopasgat. Kopda Ahmad Novrizal, prajurit yang membawa Kapolda Jambi dari darat ke udara hingga masuk ke helikopter juga banyak diapresiasi. 

Kopda Ahmad Novrizal dinilai bertaruh nyawa bergelantungan mendekap dan menjaga tandu yang membawa Irjen Rusdi Hartono. Operasi ini menuai pujian masyarakat lewat dunia maya.

"Subhanallah... Semoga Kopasgat TNI AU senantiasa dimudahkan dalam tugas. Brovo kopasgat," tulis @sup****. "Hormat bangga.. komando," tulis warganet lainnya. 

Diberitakan indonesiamaritimenews.com sebelumnya, Helikopter jenis Superbell 3001 milik Poludara mendarat darurat di hutan Bukit Tamiai, Kerinci, karena terjebak cuaca buruk pada Minggu (19/2/2023). 

Heli tersebut membawa 8 penumpang terdiri dari: 

1. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono

2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira

3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan

4. Koorspripim Kompol Ayani

5. ADC Kapolda Jambi Briptu Muhardi Aditya

6. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap

7. Copilot AKP Amos Freddy P Sitompul

8. Mekanik Aipda Susilo

Sedianya rombongan Kapolda Jambi akan meresmikan Gedung SPK Polres Kerinci. Namun helikopter terjebak cuaca buruk dan kabut tebal sehingga mendarat darurat di hutan Bukit Tamiai. Semua penumpang selamat namun mengalami cedera. Sementara helikoper hancur. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook