Peringati Harkitnas, Pangkolinlamil: Berjuang, Belajar, Terus Melangkah Maju

By Indonesia Maritime News 23 Mei 2023, 10:22:08 WIB Hankam
Peringati Harkitnas, Pangkolinlamil: Berjuang, Belajar, Terus Melangkah Maju

Keterangan Gambar : Pangkolinlamil Laksamana Muda TNI Edwin memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Foto: Dispen Kolinlamil


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Jajaran Komando Lintas Laut Militer memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023 dengan upacara bendera dipimpin Inspektur Upacara Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H.

Upacara berlangsung di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (22/5/2023). Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas)ke-115 tahun ini adalah “Semangat untuk Bangkit”. 

Tema tersebut dipilih agar Harkitnas dapat melambangkan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

Baca Lainnya :

Sejarah latar belakang peringatan Harkitnas yang diperingati pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya, tak lepas dari berdirinya organisasi Boedi Oetomo atau Budi Utomo. Mengutip dari Kemdikbud, Budi Utomo merupakan organisasi pemuda yang dicetuskan pada 20 Mei 1908 silam. 

Organisasi Budi Utomo didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa sekolah kedokteran STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). Meski tak langsung terjun ke bidang politik, namun semangat dan pemikiran para anggota Budi Utomo menjadi pemicu perjuangan untuk melepaskan bangsa ini dari penjajahan. 

Keberadaan Budi Utomo telah mengubah perjuangan bangsa Indonesia yang awalnya dilakukan secara fisik menjadi perjuangan secara diplomatis. Budi Utomo juga mengubah perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi bersifat nasional dan turut membangkitkan semangat nasional rakyat Indonesia untuk melawan penjajahan demi mencapai kemerdekaan.

KEBANGKITAN BANGSA

Panglima Kolinlamil yang membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia menyampaikan bahwa hari Kebangkitan Nasional dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama. 

Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, Akademisi, Pers, Komunitas dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa Indonesia dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik.

“Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak. Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan Semangat untuk Bangkit.” pungkasnya. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook