Hindari Horor Macet di Pelabuhan Bakauheni, Pemudik Diimbau Menyeberang Setelah 8 Mei

By Indonesia Maritime News 07 Mei 2022, 16:04:30 WIB Perhubungan
Hindari Horor Macet di Pelabuhan Bakauheni, Pemudik Diimbau Menyeberang Setelah 8 Mei

Keterangan Gambar : Pelabuhan Bakauheni.Foto: Indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN),LAMPUNG-:Horor macet arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, diharapkan tidak terjadi pada arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Guna mengantisipasi horor macet, pemudik diimbau menyeberang setelah tanggal 8 Mei 2022.

Puncak arus balik angkutan penyeberangan dari Bakauheni menuju ke Merak terjadi pada Sabtu (7/5/2022) dan Minggu (8/5/2022). Menghindari kepadatan dan agar perjalanan lebih nyaman, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat untuk menyeberang kembali setelah tanggal 8 Mei 2022.

“Sampai hari Sabtu pagi ini, baru sekitar 37 persen yang bergerak. Artinya ada kecenderungan sisanya yang 63 persen akan menyeberang dalam satu-dua hari ini. Saya mengimbau jangan kembali hari ini dan besok. Kalau bisa ditunda hari Senin (9/5) atau Selasa (10/5),” kata Menhub saat meninjau Pelabuhan Panjang, Lampung, Sabtu (7/5). 

Sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah guna mengendalikan lonjakan arus balik. Selain mengimbau masyarakat untuk menghindari kembali pada puncak arus balik (6 s.d 8 Mei 2022), kebijakan lainnya yang telah dilakukan yaitu membolehkan para pekerja untuk cuti setelah tanggal 8 Mei 2022 dan membolehkan anak-anak untuk sekolah secara daring.

“Jadi bapak ibunya bisa cuti, anak-anak bisa sambil sekolah daring,” tambah Menhub.

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana mengaku mendukung kebijakan pemerintah untuk menjadikan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan tambahan guna memecah kepadatan arus balik di Bakauheni. 

“Saya berharap imbauan pemerintah untuk mudik setelah tanggal 8 Mei ditaati, demi keselamatan dan kenyamanan perjalanan,” tandas Eva.( Hans Kontributor Lampung/ Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook