Etape Kedua KRI Bima Suci, Ratusan Prajurit, Taruna AAL dan Kadet dari 18 Negara Singgahi Jakarta

By Indonesia Maritime News 03 Agu 2024, 15:02:17 WIB Hankam
Etape Kedua KRI Bima Suci, Ratusan Prajurit, Taruna AAL dan Kadet dari 18 Negara Singgahi Jakarta

Keterangan Gambar : Pelayaran KRI Bima Suci yang membawa ratusan Prajurit TNI AL, Taruna AAL dan Kadet (Taruna) dari 18 negara memasuki etape kedua singgah di Jakarta. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Pelayaran KRI Bima Suci yang dikomandani Letkol Laut (P) Hastaria sebagai Satuan Tugas (Satgas) Kartika Jala Krida (KJK) 2024, memasuki etape kedua. Kapal tiang tinggi ini tiba di Jakarta disambut Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Hudiarto Krisno Utomo di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Sabtu (3/8/2024).

Kapal latih tiang tinggi kebanggaan TNI AL ini membawa 96 personel KRI, 189 Taruna Akademi TNI AL (AAL) Angkatan ke-71 yang dibagi menjadi empat gelombang, serta Kadet (Taruna) Asean Plus Cadet Sail (APCS) 2024 dari 18 negara termasuk Indonesia.

Jakarta merupakan kota pertama yang disinggahi KRI Bima Suci. Kapal ini melakukan pelayarannya menjelajahi sejumlah negara. Pelayaran dimulai dari Surabaya – Jakarta – Singapura - Kamboja - Vietnam - China - Korea Selatan - Rusia - Jepang - Filipina - Balikpapan dan akan kembali lagi ke Pangkalan Surabaya dengan menempuh jarak 10.715 Nm.

Keberadaan Satgas KJK di Jakarta juga melaksanakan open ship mulai tanggal 3 Agustus sampai 5 Agustus. Direncanakan KRI Bima Suci akan melanjutkan pelayaran berikutnya menuju Singapura pada 6 Agustus 2024 mendatang.

Adapun kegiatan para Kadet APCS 2024 di Jakarta antara lain mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan juga Kota Tua.

Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam berbagai kesempatan menegaskan pendidikan dan latihan merupakan salah satu upaya membangun sumber daya manusia yang tangguh untuk membentuk prajurit yang profesional dan modern. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook