Bikin Penasaran, Senin Besok Nama Mafia Minyak Diumumkan

By Indonesia Maritime News 20 Mar 2022, 13:09:42 WIB Hukum
Bikin Penasaran, Senin Besok Nama Mafia Minyak Diumumkan

Keterangan Gambar : Minyak goreng kemasan. Foto: indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com(IMN),JAKARTA: Mahalnya harga minyak goreng di Indonesia disebabkan banyak faktor, antara lain ulah spekulan penimbun barang serta mafia yang mengekspor bahan pangan ini. Siapa mafia nakal itu ? Pemerintah berjanji akan mengumumkan tersangka ke publik Senin (21/3/2022) besok.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mencurigai, tingginya harga minyak goreng dan langkanya stok di pasaran disebabkan oleh permainan mafia. Ia bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah melakukan sidak ke pabrik minyak goreng milik sebuah perusahaan.

Dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR yang digelar Kamis (17/3/2022), Lutfi menunjukkan bukti dan modus mafia minyak goreng. Bukti yang ditunjukkan berupa kuitansi transaksi minyak goreng curah yang nilainya puluhan juta rupiah.

"Dari hari Selasa sama Rabu kayak minum obat sehari dua kali, Selasa Rabu sehari dua kali kayak minum bodrex saya. Saya sudah kasih semua datanya. Termasuk ada pengusaha yang bilang supirnya tangannya berminyak tetapi bisa ngeluarin bound itu bersih putih. Itu kuitansinya begitu bentuknya," kata Lutfi sambil menunjukkan foto kuitansi kepada Komisi VI DPR RI.


Menag mengatakan pihaknya sudah menyerahkan bukti-bukti kepada kepolisian. Lutfi mengatakan ia menghormati azas praduga tak bersalah. Namun ia menemukan jumlahnya ribuan ton.


Bukti kuatitansi yang ditunjukkan ke anggota DPR, tertera nominal dana Rp 26.964.000 untuk pembayaran pelunasan minyak curah 2.520 kg dengan harga satuan Rp 10.700/kg. Sedangkan tempat dan tanggal transaksi, yakni di Medan, 9 Maret 2022 lengkap pula dibubuhi meterai Rp 10.000 serta stempel perusahaan.


DIUMUMKAN SENIN

Mendag juga mengungkap mengenai modus dari mafia minyak goreng. Mulai dari sengaja disalurkan ke industri besar, minyak curah dipacking lalu dijual seharga minyak premium, serta diselundupkan ke luar negeri.

"Ada tiga target yang akan ditetapkan Senin. Pertama minyak goreng curah subsidi dialirkan ke industri menengah ke atas, kedua minyak goreng curah subsidi di-repacking menjadi minyak goreng premium, ketiga minyak goreng curah subsidi dialirkan ke luar negeri," jelasnya.

Dengan tiga modus itu, Lutfi mengatakan pihaknya telah memiliki nama calon tersangka dari mafia minyak goreng ini dan akan diumumkan Senin (21/3/2022.

"Tiga-tiganya ada calon tersangkanya hari Senin diumumkan oleh kepolisian. Pasti kita karungin," tandasnya.

"Keadaannya sudah menjadi sangat kritis dan ketegangan yang mendesak. Deduksi kami adalah ini ada orang-orang yang mendapat mengambil kesempatan di dalam kesempitan. Maka saya meminta ke Satgas kemudian hari untuk melawan mafia-mafia ini yang rakus dan jahat kita mesti bersama-sama," tandas Lutfi.(Arry/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment