Ini Terobosan TPK Koja Mencapai Target Laba 2024

By Indonesia Maritime News 18 Mar 2024, 11:12:06 WIB


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Sukses TPK Koja  meraih kinerja tahun 2023 dengan throughput hampir  mencapai satu juta TEUs dengan laba selisih Rp 1 Miliar dari anggaran semakin memacu awak perusahaan ini, untuk  mencapai target tahun 2024 yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar Rp 228 Miliar.

TPK Koja menggeliat, melakukan berbagai terobosan untuk mencapai target tersebut.

Langkah yang dilakukan TPK Koja, mereka berkolaborasi dengan Anak perusahaan PT.Pelabuhan Indonesia lainnya, bersama meningkatkan kinerja mencapai target laba perusahaan.

TPK Koja kemudian,  merangkul pelayaran dan pemilik barang. Salah satunya Meratus Line.

Langkah itu dilakukan, untuk memajukan fungsi pelabuhan  pasca merger PT Pelabuhan Indonesia.

Meratus Line sebagai pelayaran  berkomitmen untuk mendukung Pelabuhan Tanjung Priok sebagai International Hub Port.

Upaya itu dilakukan agar, Petikemas Indonesia tidak lagi lari ke Singapura dan Port Klang.

TPK Koja mendorong Koneksitas pelabuhan. Pelabuhan kecil membawa muatan ke Hub port. Kemudian dibawa dan di lepas di Terminal TPK Koja  sebagai ekspor Indonesia

PELUANG KEMBANGKAN PELABUHAN dan PENDAPATAN

Budi Muljono Rahman, Chief Trade Officer Meratus Line berpendapat, Pelabuhan Tanjung Priok dengan segala fasilitas yang dimilikinya, berpotensi untuk ditingkatkan menjadi International Hub Port.

Budi memaparkan, sejalan dengan semangat perusahaannya menjadi  pelayaran  penggerak konektivitas logistik nasional, Meratus telah melayani rute pelayaran transhipment tersebut.

Dia mencontohkan rute pelayaran Jakarta – Surabaya – Kupang – Dili (Timor Leste) – Matukea (Papua Nugini) – Lae (Papua Nugini) – Jakarta.

Rute internasional, Meratus telah melayani rute pelayaran ke Malaysia, Singapura, China dan India. Rute itu  memicu perkembangan pelabuhan khususnya TPK Koja sekaligus meningkatkan pendapat.

PERALATAN

Pemilik perusahaan TPK Koja , PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) pemilik 51 persen saham dan  PT Hutchison Port Indonesia (HPI) 49 persen, sudah merespon hal itu. 'TPK Koja akan membeli berbagai peralatan baru," ungkap Indra.

Publikasi Korporasi pun ditingkatkan.TPK Koja mengadakan Media Gathering dengan Forum Wartawan Maritim (Forwami), di Bogor, belum lama ini.  Mereka mengundang perwakilan  pelayaran Meratus Line untuk menyampaikan paparan agar dapat bersinergi memajukan TPK Koja dan memajukan pelayaran itu sendiri.

TPK Koja berharap awak media mendukung dengan pemberitaan positif mewujudkan harapan mereka.(Arry/Oryza).

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Video Terbaru

View All Video