Tanjungpandan Lakukan Auto Collection
Pembayaran Jasa Kepelabuhan

By Indonesia Maritime News 05 Jan 2022, 08:41:52 WIB Pelabuhan
Tanjungpandan Lakukan Auto Collection

Keterangan Gambar : PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan, Hambar Wiyadi dalam acara BRI Business Gathering Bersama Eksportir Cluster Bangka Belitung, (22/12/2021).


IMN-Indonesiamaritimenews.com, TANJUNGPANDAN: Catatan IMN diakhir tahun 2021, Pelabuhan Tanjungpandan melakukan terobosan dengan meningkatkan sistem pembayaran jasa kepelabuhanan  melaui  auto collection kepada pengguna jasa kepelabuhanan.

Langkah itu  disampaikan  General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan, Hambar Wiyadi  dalam acara BRI Business Gathering Bersama Eksportir Cluster Bangka Belitung,  (22/12/2021).

Hambar  memaparkan, Sistem pembayaran auto collection  upaya untuk mempermudah sistem pembayaran jasa kepelabuhanan. Dimana saat ini untuk sistem pembayaran di Pelabuhan Tanjungpandan menggunakan sistem CMS (Cash Management System) dimana pihak pengguna jasa harus memiliki uang deposit bank yang ditunjuk untuk mengcover asumsi/estimasi atas biaya yang dikeluarkan oleh pengguna jasa untuk pembayaran atas jasa kepelabuhanan setelah nota terbit dilakukan pendebatan melaui sistem CMS atas sejumlah biaya yang dibayarkan oleh pelanggan dan selanjutnya pelanggan harus menjaga kecukupan saldonya.

Baca Lainnya :

sistem auto collection ini pendebetan dilakukan berdasarkan biaya atas kegiatan pelayanan jasa kepelabuhanan yang akan dilakukan oleh pengguna jasa. Pelanggan hanya menjaga saldo kecukupan atas kegiatan pelayanan jasa kepelabuhanan yang akan dilakukan saja.

IMN-Indonesiamaritimenews.com  mencatatan adanya harapan  pembayaran melalui outo collection, dapat meningkatan kinerja, produktivitas dan performansi pelabuhan akan mengimplementasikan clusterisasi dermaga melalui dedicated dermaga (petikemas, multipurpose, bbm/bbg dan penumpang) berdasarkan jenis cargo yang dibongkar/muat dan  standar kinerja pelayanan operasional Pada Tanjungpandan berdasarkan pada Surat Keputusan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuban Kelas V Tanjungpandan Nomor: 08/1/1/KSOP.Tpdn-2018, Tanggal 11 Oktobwr 2018.

Untuk kesiapan dedicated terminal ini,  dilakukan persiapan re-layout terminal, installment temporary marking, rminalsigned traffic, implementasi gate system Lini I dan Lini II, signed/rambu HSSE, improvement ICT, CCTV, facilities handheld, untul selanjutnya dilakukan facilities completed didukung  handling equipment di terminal sesuai jenis cargo/barang yang ditanganinya.

IMN-Indonesiamaritimenews.com  mencatat perkiraan transformasi sistem layanan itu , akan mampu peningkatan kinerja/produktivitas dan performansi pelabuhan menurunkan cost logistic serta mampu mendorong pelaku usaha di Belitung dalam menunjang ekspor di pasar internasional. (ARRY/MAR}




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment