NEWS - Indonesia Maritime News (IMN)

TERDAFTAR: IDM000087670
DEPARTEMEN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
DIREKTUR JENDERAL HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Sriwijaya Air
Hilang


Indonesiamaritimenews.com(IMN),
JAKARTA:Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jenis Boeing 737-500 hilang di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Sabtu (9/1/2021) siang setelah 'lost contact'. Pesawat rute penerbangan Jakarta-Pontianak hilang dari radar saat terbang di atas laut sekitar Kepulauan Seribu.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan kronologis hilangnya pesawat tersebut. "Bahwa telah terjadi 'lost contact' pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan 'call sign' SJ 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40,"jelas Menhub dalam jumpa pers virtual, Sabtu (9/1/2021) malam.

Pesawat PK CLC itu lepas landas pada pukul 14.36 WIB, kemudian pada pukul 14.37 diizinkan naik ketinggian 29.000 kaki dengan mengikuti 'instrument departure'. Tiga menit kemudian, pukul 14.40, pengendali lalu lintas udara (ATC) melihat pesawat tidak ke arah 075 derajat, melainkan ke barat laut.

Dalam hitungan detik Sriwijaya hilang dari radar. Dijelaskan Budi Karya, manajer operasi langsung berkoordinasi dengan Basarnas dan instansi terkait. Tim Basarnas langsung bekerja turun ke lapangan. Pesawat itu diketahui hilang di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

"Pada pukul 16.00 WIB, kami terima dari masyarakat ada serpihan-serpihan pesawat itu. Pada pukul 17.30 WIB, Pak Presiden mengontak kami untuk maksimalkan upaya pencarian, dan itu sudah dikoordiansikan bersama Basarnas, Polisi, dan TNI," katanya.

"Pada pukul 17.30, Presiden memberikan arahan ke kami untuk memaksimalkan pencarian,"katanya. Pecarian terus dilakukan, tim gabungan juga membuka posko pengaduan untuk menerima pengaduan keluarga dan menampung informasi lainnya.

Sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jenis Boeing 737-500 hilang kontak pada posisi 11 nautical mile di Utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Pesawat lepas landas pukul 14.36. Pesawat itu mengangkut 50 penumpang dan 22 kru pesawat.

"Total penumpang 50 penumpang, 40 dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi. Selain itu ada 12 kru dari pesawat itu. Jadi total ," ungkap Budi Karya.

Pihak keluarga yang ingin mengetahui informasi dipersilakan datang ke posko center Sriwijaya di Terminal 2 D Bandara Soekarno-Hatta (-Arry/Oryza)

Image

Index

Sriwijaya Air

Hilang

Investasi Tol Cibitung -Cilincing Rp 10,8 T

Beroperasi Semester I Tahun 2021

Putuskan Rantai Corona

Mudik Dilarang, Transportasi Dikendalikan

Maut di Cipularang

Kecelakaan 21 Kendaraan , 9 Tewas

Kemenhub Tingkatkan Kopentensi SDM Kenavigasian

Unggul dan Berdedikasi Tinggi

ITL Trisakti Dapat Award Pemerintah

PTS Sukses Terapkan SPMI

KM Santika Nusantara Melebihi Manifes

KNKT Lakukan Penyelidikan,Terbakar di Masalembo

Kemenhub Gandeng Pemkab Subang

Kelola Patimban Saling dukung dan sinergi

KSOP Kelas III Gorontalo Raih

Salah Satu Akun Medsos Terbaik

Marak Pelanggaran ODOL

E-Jembatan Timbang Diterapkan

Poll

Subscribe Newsletter